Scroll to Top

Museum De Mata Yogyakarta Singkirkan Patung Hitler Karena Dikecam

By C Novita / Published on Tuesday, 14 Nov 2017

patung hitler

Museum De Mata di Yogyakarta telah menyingkirkan patung Adolf Hitler, seorang tokoh Nazi dari Jerman yang dikenal dengan kekejaman holocaust nya. Hal itu dilakukan akibat kecaman internasional, yang menyebut pemajangan patung Hitler adalah tindakan yang tidak empati dengan para keluarga korban perang dan kekejamannya di masa lalu.

Sebelumnya patung lilin Adolf Hitler tersebut dipajang di sebuah sudut dengan latar belakang lukisan lokasi peristiwa holocaust, dan telah berdiri di tempatnya sejak tahun 2014 lalu. Baru pada Minggu kemarin (12/11), pihak museum menyingkirkannya.

Museum De Mata dikenal sebagai tempat wisata dimana banyak gambar dan lukisan ilusi optik dibuat. Terdapat pula sekira 80 buah patung lilin yang menyerupai tokoh-tokoh ternama, ada di sana. Salah satunya ya, Hitler itu.

Rupanya keberadaan patung Adolf Hitler di Museum De Mata diketahui oleh kelompok penggiat hak asasi manusia, Simon Wiesenthal Center. Mereka pun meradang dan mengecam serta menganggap pemasangan patung tokoh Nazi itu adalah tindakan ‘sakit’.

Kelompok ini yang lantas mengkampanyekan kemudian mendesak pihak museum untuk menyingkirkan ‘Hitler’ dari sana.

Dilansir laman AP, ini bukan pertama kalinya di Indonesia terdapat lambang Nazisme di tempat umum. Sebelumnya ada kafe bertema Nazi, lengkap dengan berbagai atribut dan benderanya yang berdiri di Bandung. Kafe itu dilengkapi juga dengan pelayan yang memakai seragam layaknya tentara Jerman. Kini kafe tersebut sudah ditutup.

 

 

 

Komentar Anda