Scroll to Top

Hasil International Friendly Match: Belgia vs Jepang 1-0, Rekor Baru Lukaku

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 15 Nov 2017

Hasil International Friendly Match Belgia vs Jepang 1-0, (2)

Hasil international friendly match antara Belgia vs Jepang berakhir dengan skor 1-0. Gol tuan rumah dicetak oleh Romelu Lukaku, yang kini memiliki rekor baru sebagai top skor tunggal negaranya. Jepang sendiri, dengan kekalahan di Jay Breydelstadion pada Rabu (15/11) menuai dua hasil buruk dalam ujicoba bulan November.

Tes melawan Belgia, salah satu tim terkuat dari Eropa, menjadi tolok ukur penting Jepang yang sebelumnya dibabat habis Brazil 3-1. Pasukan Vahid Halihodzic turun dengan formasi 4-1-4-1 menghadapi tuan rumah yang memakai pola unik tersendiri, 3-4-2-1. Tanpa Eden Hazard, ada sang adik Thorgan Hazard untuk Belgia.

Belgia sedikit lebih dominan dalam penguasana bola dibandingkan Jepang, dan menghasilkan peluang pertama via Kevin De Bruyne. Gelandang Manchester City ini berlari dari jarak 40 yard memasuki areal penalti, cuma tembakannya tepat mengarah pada kiper tim tamu, Eiji Kawashima.

Masih dari orang yang sama, Belgia mengancam gawang Jepang. Cuma sekali lagi De Bruyne menyaksikan kelihaian Kawashima menepis tembakannya. Tim tamu yang banyak tertekan, malah nyaris unggul melalui percobaan tandukan Yuya Osako dan Maya Yoshida. Namun semuanya melintas mistar gawang Simon Mignolet.

Jepang yang mencetak enam gol dalam tiga laga internasional terakhir, langsung mengancam di awal paruh kedua. Kazuki Nagasawa membidik dari luar kotak penalti. Namun Belgia tidak mau kalah menyengat. Romelu Lukaku sempat menjajal kemampuannya, hingga akhirnya sang penyerang Manchester United jadi pahlawan tuan rumah.

Hasil International Friendly Match Belgia vs Jepang 1-0, (1)

Menit 72, Nacer Chadli lolos dari kawalan bek Jepang dan mengirim umpan silang ke kotak penalti. Penempatan posisi Lukaku yang apik membuatnya tinggal menyorongkan bola ke gawang kosong dari jarak satu yard, tak mungkin luput. Ini adalah gol ke-31 Lukaku untuk timnas Belgia.

Dengan gol ini, pemain berusia 24 tahun tersebut memimpin daftar top skor Belgia sepanjang masa, mengalahkan Bernard Voorhood dan Paul Van Himst yang awalnya menemani sang penyerang dengan koleksi 30 gol.

Jepang tak punya waktu lagi untuk membalas. Ada dua tembakan dari Takashi Inui dan Kenyu Sugimoto, namun sampai akhir Belgia tetap menang 1-0 dan membuat Samurai Biru menderita dua kekalahan dalam dua ujicoba beruntun sepanjang November.

Gol: Romelu Lukaku 72

BELGIA: Mignolet; Kabasele, Vermaelen, Vertonghen; Meunier, De Bruyne (Dembele 62), Witsel (Defour 84), Chadli (J. Lukaku 84); Hazard, Mertens (Mirallas 60), R. Lukaku (Origi 74)

JEPANG: Kawashima; H. Sakai, Yoshida, Makino, Nagatomo; Nagasawa (Morioka 62), Asano (Kubo 68), Ideguchi, Yamaguchi, Haraguchi (Inui 78); Osako

Komentar Anda