Scroll to Top

Hasil Laga Persahabatan: Portugal vs USA 1-1, Kiper Horvath Bikin Horor

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 15 Nov 2017

Hasil Laga Persahabatan Portugal vs USA 1-1, (1)

Hasil laga persahabatan antara Portugal vs USA berakhir dengan skor 1-1. Sempat unggul oleh gol Weston McKennie, keunggulan Amerika Serikat atas sang juara Eropa dibatalkan oleh blunder kiper Ethan Horvath yang mengakibatkan gol Vitorino Antunes. Laga digelar di Estádio Dr. Magalhães Pessoa, Leiria pada Rabu, 15 November.

Setelah Bruce Arena meninggalkan timnas AS menyusul kegagalan The Yanks lolos ke Puaal Dunia 2017, posisinya sementara diambil alih oleh Dave Sarachan. Menghadapi Portugal yang tanpa Cristiano Ronaldo, AS justru tampil cukup meyakinkan. Ini sedikit ‘terbantu’ dengan kondisi Portugal yang memainkan formasi eksperimental.

Pelatih Fernando Santos tidak memasang Andre Silva sebagai ujung tombak. Malah meletakkan Goncalo Guedes, winger Valencia di posisi nomor sembilan dalam pola 4-2-3-1. Permasalahan tuan rumah dimulai dengan cederanya kapten Pepe hanya dalam tempo 10 menit. Dia digantikan oleh Neto.

Sementara Amerika Serikat, yang memainkan Weston McKennie, pemuda berusia 19 tahun tampil prima. McKennie yang tampil untuk Schalke 04, menjadi pemecah kebuntunan pada menit 21. Ia masuk ke dalam kotak penalti lawan, kemudian menaklukkan kiper Beto dengan penyelesaian cerdas.

Hasil Laga Persahabatan Portugal vs USA 1-1, (2)

Kejutan Amerika Serikat itu sialnya tidak bertahan lama. Hanya berselang 10 menit, gawang mereka kebobolan. Caranya pun sedikit konyol. Vitorino Antunes mengirim umpan silang yang terlalu ke depan. Harusnya kiper Horvath bisa mengamankan bola dengan benar. Namun, entah bagaimana, saat ia menjatuhkan diri, bola melintas dua kakinya masuk gawang.

Kebobolan memalukan ini dibayar Horvath dengan menggagalkan peluang Manuel Fernandes. Namun lagi-lagi sang kiper blunder ketika memberikan bola begitu saja kepada Danilo Pereira dalam jarak 25 yard dari gawang. Beruntung tidak ada gol lagi yang dibuat Portugal setelah itu.

AS bukannya diam membisu oleh gempuran Portugal. Mereka mencetak gol via tandukan John Brooks, yang tidak disahkan wasit karena dakwaan pelanggaran menyambut tendangan sudut. Sementara kesempatan McKennie di babak kedua, hanya mengenai mistar gawang.

Portugal juga tidak bisa mengelakkan kesempatan dari tiang gawang, ketika Goncalo Paciencia beraksi dan pengganti Horvath, Bil Hamid sudah tertaklukkan. Peluang lain muncul bagi tuan rumah, ketika Hamid juga melakukan blunder, ketika tembakan Antunes tidak bisa dijinakkannya langsung.

Beruntung sang kiper bisa mengamankan bola sebelum melewati garis gawag untuk tidak mempermalukan diri seperti Horvath. Skor 1-1 bertahan hingga akhir, dan Amerika Serikat mendapatkan hasil imbang yang layak untuk mereka. Portugal, tanpa kekuatan utama, tak bisa mengelak dari hasil minus setelah menang 3-0 dari Arab pada Sabtu lalu.

Gol: Vitorino Antunes 31/ Weston McKennie 21

Portugal (4-2-3-1): Pimparel; Semedo; Pepe (Neto 10); Ferreira; Antunes; Pereira (Neves 62); M Fernandes; Martins (Pacienca 45); B Fernandes (Mario 45); Bruma (Silva 62); Guedes (Lopes 81)

Amerika Serikat (4-1-4-1): Horvath (Hamid 45); Yedlin; Miazga; Brooks (Carter-Vickers 45); Lichaj (Villafana 59); Williams; Adams; Acosta; McKennie (Bedoya 84); Agudelo (Gooch 59); Sapong (Dwyer 77)

Komentar Anda