Scroll to Top

Daftar 13 Negara Wakil UEFA Yang Lolos ke Piala Dunia 2018 Rusia

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 15 Nov 2017

Daftar 13 Negara Wakil UEFA Yang Lolos ke Piala Dunia 2018 Rusia

Daftar 13 negara wakil UEFA yang lolos ke Piala Dunia 2018 sudah didapatkan menyusul rampungnya babak play off pada Rabu, 15 November. Bukan hanya sembilan negara yang menjadi juara grup babak kualifikasi. Empat negara lain, yaitu Kroasia, Denmark, Swedia, dan Swiss juga berhak berangkat ke Rusia.

Berbeda dengan Asia, Amerika Selatan, Amerika Utara, dan Oseania yang memiliki hak play-off interkontinental, UEFA untuk Piala Dunia 2018 tidak mendapatkan slot tersebut. Namun, konfederasi ini memiliki kouta terbanyak, dengan 13 negara yang berhak masuk putaran final Piala Dunia, plus satu tuan rumah, Rusia.

Sembilan negara sudah terlebih dahulu memastikan tiket dari kualifikasi ronde pertama zona Eropa. Dimulai dari Prancis, juara Piala Dunia 1998 yang menjadi pimpinan Grup A. Generasi emas Les Bleus yang berisi pemain seperti Antoine Griezmann hingga Kylian Mbappe siap meledak di Rusia.

Selain itu ada juara bertahan Piala Eropa, Portugal yang menjadi juara Grup B. Jangan lupa, Portugal memiliki Cristiano Ronaldo, salah satu pemain terbaik dunia era ini. Berikutnya Jerman juara bertahan Piala Dunia, lolos sebagai juara Grup C dengan rekor sempurna 10 kemenangan dari 10 pertandingan babak kualifikasi.

Inggris (Grup E) dan Spanyol (Grup G), dua negara yang pernah mengecap manisnya gelar juara Piala Dunia, juga mewakili Eropa. Demikian pula dengan Belgia (Grup H) yang memiliki generasi emas tahun-tahun ini. Selain itu ada pula Polandia (Grup E), dan yang mengejutkan adalah Serbia serta terakhir Islandia, tim yang secara teknis akan menjalani ‘debut’ di Rusia.

Daftar 13 Negara Wakil UEFA Yang Lolos ke Piala Dunia 2018 Rusia 7

Sementara itu dari babak play off, ada Swiss yang lolos dengan cara menumbangkan Irlandia Utara via agregat 1-0 berkat penalti kontroversial Ricardo Rodriguez. Menyusul mereka ada Kroasia, yang menghancurkan Yunani dengan agregat 4-1.

Swedia membuyarkan harapan Italia dengan mengandaskan mereka 1-0; dan membuat Gianluigi Buffon pensiun dari timnas lebih awal. Negara terakhir yang lolos dari Eropa adalah Denmark, yang secara mengejutkan membungkus Republik Irlandia via agregat 5-1.

Berikut ini daftar negara Eropa yang lolos ke Piala Dunia 2018.

Prancis (juara Grup A)

Portugal (juara Grup B)

Jerman (juara Grup C)

Serbia (juara Grup D)

Polandia (juara Grup E)

Inggris (juara Grup F)

Spanyol  (juara Grup G)

Belgia  (juara Grup H)

Islandia (juara Grup I)

Swiss (play-off zona Eropa)

Kroasia (play-off zona Eropa)

Swedia (play-off zona Eropa)

Denmark (play-off zona Eropa)

———-

Rusia (tuan rumah)

Komentar Anda