Scroll to Top

7 Kegunaan Lain dari Teh Celup Bekas Pakai

By C Novita / Published on Wednesday, 15 Nov 2017

teh celup

Punya kebiasaan minum teh celup dan selalu merasa sayang untuk membuang kantung-kantung bekasnya? Jangan khawatir, sebab ada beberapa manfaat tambahan lain yang bisa diberikan oleh kantung bekas teh itu.

Memang sayang jika daun teh yang berbentuk halus dan kaya zat bermanfaat tersebut dibuang begitu saja. Antioksidan yang dikandungnya masih cukup banyak, serta bisa dipergunakan untuk hal lain. Apa saja kegunaan lainnya? berikut ini seperti dilansir laman Times of India:

Pupuk tanaman

Jika Anda memiliki beberapa pot berisi tanaman, maka teh celup bekas itu bisa dipergunakan sebagai tambahan pupuk. Caranya mudah, cukup cuci bersih teh celup untuk menghilangkan kadar gulanya, lalu buka bungkusnya dan taburkan teh nya ke tanah pot.

Hilangkan bau sepatu

Teh celup bekas yang telah dicuci untuk menghilangkan gulanya, keringkan dengan cara diangin-angin. Kemudian, letakkan di dalam sepatu agar bisa menyerap aroma tak sedapnya. Diamkan selama semalam, kemudian buang.

Hilangkan bau pada karpet

Jika karpet atau keset Anda berbau, maka coba bubuhkan isi teh celup di bagian yang berbau tersebut. Sebelumnya cuci dahulu teh dari sisa gula agar tak mengundang semut. Ratakan bubuk teh di karpet agar ia menyerap bau tak sedapnya. Diamkan hingga mengering, lalu bersihkan dengan penyedot debu setelahnya.

Membersihkan kaca

Air rebusan beberapa kantung teh celup bekas, bisa digunakan untuk membersihkan kaca. Air tersebut membantu membuat kaca lebih bening dan bersih.

Masker kulit

Zat antioksidan dalam teh dapat membantu menyegarkan kembali kulit yang lelah. Anda bisa gunakan teh celup untuk masker di kulit kaki usai mengenakan sepatu sepanjang hari. Ia membantu melemaskan otot, serta menghilangkan nyeri.

Masker rambut

Rebus kembali beberapa teh celup bekas, dan ambil airnya untuk digunakan sebagai masker rambut saat keramas.

Kompres mata

Cuci bersih bekas teh celup, lalu masukkan dalam lemari pendingin. Gunakan untuk mengompres mata yang lelah, sehingga mata panda dan kantung mata bisa dihilangkan.

Selamat mencoba.

 

 

 

Komentar Anda