Scroll to Top

The Eye of Binhai, Perpustakaan Futuristik di China Ini Simpan 1,2 Juta Buku

By C Novita / Published on Wednesday, 15 Nov 2017

perpustakaan 1

Sebuah perpustakaan di Tianjin, China baru saja diresmikan namun sudah menarik perhatian kalangan pecinta buku di seluruh dunia. Nama perpustakaan tersebut adalah The Eye of Binhai, berada di Distrik Kultural Binhai salah satu kota di Timur Laut China.

Arsitektur serta desain interior The Eye of Binhai sangat futuristik dan unik, juga megah sekali. Dominasi warna putih membuat buku-buku yang teratur rapi di raknya terlihat jelas.

Dilansir laman China Daily, bangunan megah itu melambangkan kemakmuran, demikian menurut filosofi mereka. Tak heran bila perpustakaan ini pun sengaja dibangun dengan biaya besar, untuk mengangkat nama wilayah itu di mata dunia.

perpustakaan 2

Luas area dimana The Eye of Binhai berdiri adalah sebesar 34.000 meter persegi. Bangunannya terdiri dari lima lantai, namun dari area lounge atau bagian tengahnya, ia terlihat seperti satu lantai dengan rak-rak penuh buku sampai ke atap. Butuh waktu tiga tahun untuk membangun seluruh perpustakaan sejak awal hingga selesai.

Ada area baca yang nyaman di masing-masing lantai, lalu kantor dan ruang rapat. Juga terdapat ruang untuk audio-komputer.

Jumlah koleksi buku di perpustakaan futuristik itu, sedikitnya 1,2 juta buah. Sangat banyak pastinya, dan lengkap berasal dari berbagai judul dan kategori.

Auditorium tengahnya melingkar seperti bola putih raksasa. Karena itu ia diberi nama The Eye of Binhai. Perancangnya adalah perusahaan arsitektur Belanda MVRDV, yang bekerja dengan Tianjin Urban Planning and Design Institute.

perpustakaan

 

 

Komentar Anda