Scroll to Top

NASA Meningkatkan Kualitas Tidur Kru Di Stasiun Luar Angkasa

By Dainul Arief / Published on Sunday, 26 Jun 2011

nasa space stationTidur merupakan elemen yang sangat penting bagi manusia. Diluar angkasa, istirahat sangat penting terlebih jika keadaan yang sangat genting dan kritis. Karena jika kru lalai dalam tugas akibat kurangnya mereka dalam beristirahat, satu alarm saja bisa sangat fatal akibatnya.

Bayangkan jika anda tidur mengapung di sebuah benda angkasa yang mengorbit bumi. Seperti kru NASA International Space Station misalnya.

Untuk meningkatkan durasi dan kualitas tidur para kru, para peneliti kemudian melakukan studi yang memeriksa pola tidur dan bangun para kru di stasiun luar angkasa yang mereka sebut “Sleep Long“. Karena, durasi dan kualitas tidur berpengaruh pada kesehatan, sikap, dan kemampuan untuk fokus. Sudah lebih dari 20 anggota kru yang sudah atau yang baru akan berpartisipasi dalam studi ini

Para kru menghabiskan latihan yang bertahun tahun untuk misi dalam jadwal yang sangat padat, dan ketika sampai diluar angkasa, mereka terkoordinasi untuk tepat waktu.

actiwatchSleep Long menggunakan pendekatan yang obyektif untuk memonitor aktivitas tidur kru dengan memakaikan mereka Actiwatch. Alat ini memonitor aktivitas pergerakan kru menggunakan miniatur akselerometer.

Studi ini juga membantu untuk mengindikasi ketika tindakan tambahan diperlukan untuk meminimalisir resiko deprivasi tidur di dalam orbit. Hasilnya, bukan hanya menguntungkan kru stasiun luar angkasa untuk jangka pendek. Tapi juga sangat penting untuk eksplorasi dalam jangka panjang di luar angkasa.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda