Scroll to Top

Mengintip Fitur Keamanan Fortuner yang Dinaiki Setnov

By C Novita / Published on Saturday, 18 Nov 2017

mobil-setnov

Banyak yang bertanya-tanya seperti apa fitur keamanan dari kendaraan Toyota Fortuner yang dinaiki oleh Setya Novanto, setelah pengacaranya menyebut bahwa kliennya mengalami gejala gegar otak usai kecelakaan menabrak tiang listrik pada Kamis (16/11/2017) petang. Padahal Setnov diketahui duduk di bangku tengah belakang sopir, sedangkan sang pengemudi sendiri tidak mengalami cedera serius.

Jenis yang dipakai oleh Setnov adalah Fortuner type G 2,5L Diesel tahun 2012. Menurut General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM) Iwan Abdurahman, ada dua fitur standar keselamatan yang dimiliki Fortuner semua varian.

Adalah antilock braking system (ABS) yang berfungsi jika pengemudi mengoperasikannya.

“Fitur keselamatan jenis ini juga membutuhkan keaktifan pengemudi,” jelas Iwan.

Selanjutnya fitur keselamatan pasif standar dari Fortuner semisal airbag.

“Airbag bagian depan akan mengembang jika terjadi tabrakan pada kondisi tertentu, serta seatbelt yang berfungsi menahan gerakan badan penumpang saat terjadi tabrakan,” tambah dia seperti dilansir laman cnnindonesia.

Body Fortuner juga dirancang untuk menyerap energi benturan, dengan struktur badan crumple zone. Jadi risiko penumpang serta pengemudi terluka bisa diminimalisir.

Untuk bodi samping dan belakang ada energy absorbing mechanism yang meredam benturan.

“Semua fitur tersebut terdapat pada Fortuner, termasuk Fortuner yang produksi tahun 2012,” tandasnya.

Pengemudi Fortuner yang dinaiki Setya Novanto sendiri sempat berjalan dan memutar mengecek kendaraannya usai kecelakaan, seperti tampak dalam rekaman CCTV jalan.

 

 

 

Komentar Anda