Scroll to Top

Barcelona Mengungguli Real Madrid dalam Head to Head El Clasico di Copa del Rey

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 14 Jan 2012

Sebentar lagi Anda akan menyaksikan (sekali lagi) duel berdarah antara Barcelona dan Real Madrid. Keduanya dipastikan akan tampil habis-habisan dalam perempat final Copa Rey. Barcelona tentu berniat membalas dendam kekalahan di final tahun lalu.

Barcelona vs Real Madrid

Sementara, Real Madrid yang didukung mitos bahwa Jose Mourinho selalu sukses di musim keduanya, siap menghapus jejak kematian Desember lalu, kala mereka dibekap 1-3 di Santiago Bernabeu.

Bicara head to head di Copa del Rey, seperti di seluruh ajang, Barcelona lebih unggul daripada Real Madrid. Kedua tim sudah bertemu 29 kali. Dari jumlah tersebut, Barcelona sukses 14 kali menekuk sang rival. Sementara, Los Blancos cuma bisa mengalahkan Blaugrana 10 kali. 5 laga sisa berakhir imbang.

Pertemuan Barcelona dan Real Madrid pertama kali di ajang Piala Raja, terjadi pada tahun 1902. Kala itu, dalam laga semifinal yang digelar satu kali, Real Madrid dihabisi musuh bebuyutannya 1-3.

Pertemuan berdarah, berlanjut di Copa del Rey 1916. Lagi-lagi kedua tim bertemu di semifinal. Barcelona menekuk Real Madrid 2-1 di leg pertama, dan Los Blancos berbalik membalas dengan skor 4-1 di leg kedua. Yang unik, pada tahun tersebut, selisih gol tidak dihitung. Karena kedua tim saling mengalahkan, maka terjadilah partai ulangan. Akhirnya, Real Madrid yang lolos ke final dengan hasil sekali menang dan sekali seri.

Dalam era kekinian, sejak 1992-1993, El Clasico sudah terjadi lima kali. Uniknya, Real Madrid lebih banyak menang. Mereka menang 2 kali, bermain imbang 2 kali, dan cuma sekali kalah.

Kemenangan terakhir Barcelona atas Real Madrid terjadi pada musim 1996/1997. Kala itu, di Camp Nou, Blaugrana sukses memetik tiga angka dengan kemenangan tipis 3-2.

Sementara itu, laga final musim lalu, adalah laga pertama Barcelona dan Real Madrid setelah 14 tahun. Kali ini, Real Madridlah yang sukses mengamankan Piala Raja.

Sepanjang sejarah pertempuran kedua klub di Copa del Rey, Barcelona tercatat mencetak 59 gol. Sementara, Real Madrid cuma beda tipis dengan mengemas 56 gol ke gawang sang musuh bebuyutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda