Scroll to Top

Siapa Pemenang Derby Madrid Pekan Ini? Jawabannya, Barcelona!

By vratislav / Published on Sunday, 19 Nov 2017

Siapa Pemenang Derby Madrid Pekan Ini Jawabannya, Barcelona! (2)

Siapa pemenang Derby Madrid pekan ini? Jelas bukan Atletico Madrid dan Real Madrid, karena laga pada Minggu, 19 November berakhir imbang 0-0. ‘Pemenang’ El Derbi Madrileno justru ‘Barcelona’, karena mereka kini punya jarak 10 angka dari kedua tim, yang nyaris mustahil untuk dikejar.

Sementara Atletico dan Real Madrid dibuat frustrasi dengan skor 0-0 di Wanda Metropolitano, Barcelona bertepuk tangan meriah. Jelas, bukan tanpa alasan. Bukan hanya sekadar perbedaan poin yang semakin mencolok. Tetapi juga, karena sejauh ini Atleti dan Madrid sudah terluka terlalu sering di awal kompetisi.

Hingga pekan ke-12, Atletico Madrid masih menjadi tim yang tidak terkalahkan, sama seperti Barcelona dan Valencia. Namun pasukan Diego Simeone terlalu banyak seri. Mereka mencatatkan enam kali imbang, alias hanya memiliki rekor kemenangan 50 persen.

Sementara itu Real Madrid, memang meraih tujuh kemenangan. Tetapi hasil imbang ini adalah rekor buruk kelima dalam 12 laga awal di La Liga. Madrid sudah menelan tiga imbang dan yang paling fatal, dua kekalahan. Catatan ini sangat berbeda dengan Barcelona yang 10 kemenangan dan satu seri.

Siapa Pemenang Derby Madrid Pekan Ini Jawabannya, Barcelona! (1)

Jarak 10 angka juga sangat signifikan. Dalam sejarah Liga Spanyol, tidak ada satu tim pun yang berhasil memangkas selisih sebanyak itu untuk menjadi juara. Satu-satunya yang paling mendekati adalah Barcelona di musim 1998-1999. Kala itu mereka tertinggal sembilan poin dari Real Mallorca di pekan 14, tetapi di akhir kompetisi berhasil juara.

Namun, Real Madrid sendiri sejak 1995/1996, belum pernah berjarak sebesar ini dari puncak klasemen setelah memasuki pekan 12. Kala itu, Madrid berjarak 12 angka dari pemuncak Atletico Madrid, yang akhirnya keluar sebagai juara.

Melihat segala hal yang melingkupi hasil Derby Madrid kali ini, memang terlalu dini untuk menyebut Barcelona bakal memenangi Liga Spanyol kembali. Tapi yang pasti, jelas mereka punya keuntungan ‘terlalu besar’ atas Madrid dan Atleti, ketika kompetisi masih menyisakan 26 partai lagi.

Komentar Anda