Scroll to Top

Binthe Biluhuta, Sup Jagung Khas Gorontalo

By C Novita / Published on Saturday, 14 Jan 2012

Selalu ada hidangan yang khas di setiap daerah. Demikian juga di Gorontalo, rumah Briptu Norman Kamaro. Gorontalo memiliki hidangan khas yang bernama Binthe Biluhuta, atau juga disebut Milu Siram atau jagung siram.

Bahan utamanya adalah jagung yang dipipil. Akan lebih enak lagi jika jagungnya tidak terlalu tua, sebab akan menjadi keras.

Untuk memberi rasa gurih, bahan tambahan lainnya adalah ikan tuna atau tongkol. Karena letak Gorontalo yang dekat dengan laut, maka ikan yang digunakan biasanya masih segar. Udang juga ditambahkan dalam penganan ini.

Tidak lupa daun kemangi sebagai penambah aroma, daun bawang, serta bawang goreng untuk taburan. Juga irisan cabai rawit yang memberi rasa pedas.

Perasan jeruk nipis yang diberi sebagai sentuhan terakhir membuat asem segarnya sup Jagung ini makin terasa. Hidangan ini amat kaya rasa manis, asem, asin, pedas,

Tak mengherankan, banyak wisatawan atau pun penduduk asli yang ketagihan saat telah mencicipi kesegaran Milu Siram atau Binthe Biluhuta.

Dipercaya juga, hidangan ini bisa mengusir penyakit flu dan menambah daya tahan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda