Scroll to Top

Mesin Jam Tangan Bisa Rusak Kalau Baterainya Habis Total

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 19 Nov 2017

Jam tangan

Jam tangan mendadak habis beterainya bisa bikin keki. Bagi mereka yang punya mobilitas tinggi, jam tangan sangat penting untuk membantu mengatur agenda harian. Kalau jam kehabisan tenaga, otomatis agak sedikit mengganggu. Jika sudah begini, Anda wajib segera mengganti baterai dengan yang baru. Kalau dibiarkan sampai isi baterai habis total, malah dapat merusak mesinnya lho.

Tanda baterai jam mulai habis adalah melambatnya putaran jarum. Gejala paling kelihatan yaitu jarum detik bergerak di tempat. Walhasil jarum jam dan menitnya juga ikut bergeming. Saat ini terjadi, segera ganti baterai jam tangan dengan yang baru di service center terdekat. Dengan demikian tidak sampai menimbulkan masalah pada mesinnya.

“Jangan tunggu sampai jam tangannya mati total. Apalagi jika dibiarkan cukup lama setelah mati dan tidak diganti baterai bisa merusak mesin,” kata Neti, staf toko jam tangan Citizen di kawasan Kelapa Gading Jakarta, seperti dikutip dari laman Republika.

Namun jika jam tangan memiliki sumber tenaga dari panel surya atau gerakan tangan (kinetik), masalah tersebut tidak terlalu mengganggu. Cukup paparkan jam tangan ke arah cahaya yang kuat, maka sumber tenaga akan terisi lagi. Begitu pun dengan jam tangan jenis kinetik, cukup digerakkan saja jamnya dan bisa seiring dengan pemakaiannya pada pergelangan.

Menjaga keawetan jam tangan bukan hanya pada baterai. Tali atau strap, misalnya, seringkali menempel kotoran dari paparan debu maupun keringat. Agar fungsi tali tetap prima, lakukan pembersihan menggunakan lap bersih atau tisu yang telah dibasahi air. Semakin kerap terkena paparan kotoran, lakukan pembersihan lebih sering.

Komentar Anda