Scroll to Top

Cangkok Kepala Bisa Diwujudkan, Kata Ilmuwan

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 19 Nov 2017

cangkok kepala

Barangkali terdengar gila jika mendengar ada ilmuwan yang melakukan transplantasi kepala. Artinya, tindakan bedah medis tersebut akan memindahkan kepala seseorang ke tubuh orang lain, alias cangkok kepala. Hal ini dipaparkan oleh Sergio Canavero, ilmuwan Italia, yang meyakini jika cangkok kepala manusia pertama kali di bumi bakal terwujud tidak lama lagi.

Sergio mengatakan hal tersebut pada awak media di Wina dengan merujuk pada percobaan yang dilakukan ilmuwan China. Kabarnya ilmuwan dari Negeri Panda sukses menyatukan kepala pada objek mayat. Proses cangkok kepala ini berhasil ditempuh selama 18 jam, bertempat di Harbin Medical University.

Pada proses cangkok kepala itu, kepala dapat disatukan pada tubuh mayat dengan menyambungkan sumsum tulang belakang, saraf, dan pembuluh darah yang ada di leher maupun tulang punggung. Teknik bedah baru ini dipimpin dokter ahli syaraf,  dr Xiaoping Ren, yang sebelumnya juga sukses menjalankan transplantasi kepala melalui media kera dan tikus.

Untuk melegalkan jenis bedah yang baru ini bukanlah hal mudah. Pasalnya akan berhadapan dengan aspek etika. Di samping itu, menurut pakar neurologi, bisa jadi jika berhasil juga akan orang yang benar-benar baru.

“Ini bukan hanya soal kepala yang terpasang ke tubuh baru. Kita mungkin berurusan dengan seseorang yang benar-benar baru,” kata Assya Pascalev, pakar etika biomedik di Howard University, Washington, seperti dikutip laman Detik.

Kabarnya, percobaan bedah cangkok kepala sengaja dilakukan di China karena tidak ada dukungan dari negara-negara Eropa maupun Amerika Serikat. Kata Canavero, orang Amerika tidak mengerti soal masalah ini.

Komentar Anda