Scroll to Top

Geo-Cosmos : Globe Raksasa Pertama Di Dunia Dengan Layar 10 Juta Pixel

By angelberta / Published on Sunday, 26 Jun 2011

Miraikan MuseumBerlibur atau piknik merupakan hal yang sebagian besar orang gemari. Disamping tujuannya untuk refreshing, piknik juga dapat menambah wawasan. Jepang merupakan sebuah Negara yang sangat terkenal di mata dunia, ia dikenal sebagai macan Asia karena kemajuan teknologinya. Selain juara dalam kelas perekonomian dunia, Jepang juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Apakah anda ingin melihat bumi seperti yang tampak dari ruang angkasa dan seolah-olah menjadi astronot? Sebuah globe raksasa dengan layar OLED diresmikan di Tokyo National Museum of Emerging Science and Innovation [Miraikan Museum] pada bulan Juni minggu lalu, yang merupakan pusat science di Daiba, Tokyo.

Proyek yang dirancang oleh Miraikan ini disebut dengan nama “TSUNAGARI” artinya “Feel The Earth”, yang merupakan proyek fitur peta dunia yang sangat baru dan canggih. Besar globe ini berdiameter 6 meter dan yang uniknya disertai dengan layar OLED (Organic Light-Emitting Diode) dimana anda dapat menyaksikan pemandangan bumi seperti yang terlihat dari ruang angkasa, dengan skala yang besar. Di Museum inilah anda bisa melihatnya. Perlu diketahui, globe raksasa dengan teknologi layar OLED merupakan yang pertama kali di dunia.

OLED merupakan panel baru ciptaan Mitsubishi Electric. Globe raksasa dengan layar OLED ini dinamakan “Geo-Cosmos”, terdiri dari 10.362 panel OLED dan fitur resolusi lebih dari 10 juta pixel. Geo-Cosmos menampilkan apa yang tampak seperti bumi dari ruang angkasa. Geo-Cosmos berhasil menggeser kedudukan model sebelumnya yaitu teknologi panel LED. Dengan kata lain Mitsubishi Electric mengupgrade LED menjadi OLED, yang lebih canggih.

Tak jauh dari letak Geo-Cosmos, di lantai dasar tepat kira-kira 60 kaki dibawah Geo Cosmos terdapat pula Geo-Scope. Apa itu Geo-Scope?

Geo-Scope adalah area dimana terdapat papan/layar touchscreen yang sangat interaktif oleh pengunjung. Dengan teknik touchscreens, anda dapat mengakses data observasi bumi yang telah dikumpulkan oleh ilmuwan domestik dan internasional, juga lembaga-lembaga penelitian. Anda juga bisa menikmati gambar bumi yang berubah setiap menitnya.Jadi, bila ingin mendapatkan informasi tentang daerah tertentu, data dapat diakses dengan pengoperasion mudah.

Contohnya seperti simulasi yang menunjukkan asal-usul gempa bumi pada 11 Maret 2011 lalu, yang menghancurkan Jepang dengan potensi tsunami. Seperti apakah Geo-Cosmos dan Geo-Scope menunjukkan daya tariknya?? Simak video dibawah ini.

 

[youtube QwIvYwJXObc]

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda