Scroll to Top

Rutin Bersihkan Rumah 30 Menit Setiap Hari Dapat Panjangkan Usia

By C Novita / Published on Tuesday, 21 Nov 2017

bersih

Banyak orang malas melakukan pekerjaan rumah seperti bersih-bersih, cuci piring, menyapu, ngepel, dan lainnya. Padahal kegiatan tersebut punya banyak manfaat bagi kesehatan lho. Menurut penelitian terbaru malahan disebut bahwa rutin membersihkan rumah per hari 30 menit saja, usia Anda akan lebih panjang dibanding orang yang malas bersih bersih.

Hasil penelitian ini telah diterbitkan dalam Journal of the American Geriatrics Society pada 16 November 2017, yang melibatkan lebih dari 6.000 wanita di Amerika dengan rentang usia antara 63-99 tahun.

Mereka ini aktif melakukan berbagai aktifitas ringan di rumah seperti bebersih, dan diketahui bahwa risiko kematiannya lebih rendah. Dilansir laman Channel News Asia, Senin (20/11/2017), minimal 30 menit setiap hari untuk menyapu lantai dan kegiatan ringan lain maka risiko kematian menurun 12 persen.

Wanita yang aktifitas fisiknya sedang hingga kuat, misal mengepel lantai dan mencuci maka angka kematiannya jauh lebih rendah yakni 39 persen.

“Jadi, melakukan bersih-bersih rumah ternyata lebih baik daripada tidak sama sekali,” ungkap Profesor Michael LaMonte ilmuwan di Universitas di Buffalo School of Public Health and Health Professionals di New York, Amerika Serikat.

Tidak hanya itu, wanita yang obesitas pun bisa mendapat keuntungan lebih banyak jika rajin melakukan aktifitas bersih-bersih. Hal itu diungkap oleh Profesor Andrea LaCroix dari University of California.

“Bersih-bersih rumah menurunkan kematian di kalangan wanita yang obesitas,” jelas ¬†Profesor Andrea.

Poinnya adalah aktif bergerak akan membuat tubuh jadi lebih sehat, serta kebersihan yang menjauhkan rumah dari tumpukan bakteri dan virus penyebab penyakit. Yuk bersih-bersih rumah setiap hari.

 

 

 

 

Komentar Anda