Scroll to Top

Raw Food, Tren Menyantap Makanan Serba Mentah

By C Novita / Published on Saturday, 14 Jan 2012

Adalah seorang ahli biokimia dari Finlandia bernama Artturi Virtanen yang menemukan bahwa makanan mentah yang dikunyah akan mengeluarkan enzim yang bereaksi positif dengan enzim dalam mulut manusia.

Itu merupakan awal dari gaya hidup Raw Food Diet, dimana seseorang tidak mengkonsumsi makanan yang dipanaskan lebih dari 46 derajat Celsius, sebab kandungan enzimnya akan hilang. Padahal perpaduan kedua enzim itu akan sangat baik dalam proses pencernaan makanan.

Dirilis oleh Kompas, Arthur M. Baker, MA, MHE, dalam buku Awakening Our Self-Healing Body, bahkan menemukan jika pada tingkat tertentu, makanan yang dimasak dapat membahayakan tubuh.

Dalam pemanasan berlebih, malah terbentuk beragam senyawa asing pada makanan yang tidak dapat dicerna dengan baik. Pengolahan makanan modern tidak hanya melenyapkan agen-agen antikanker, tetapi bahkan merangsang terbentuknya zat kimia yang berpotensi menimbulkan kanker.

Ada 3 macam Raw Food yang banyak dianut oleh orang yang peduli dengan kesehatan tubuhnya. Pertama, Raw veganism yang hanya mengkonsumsi sayur dan buah, Raw vegetarianism yang mengkonsumsi juga telur dan susu mentah.

Terakhir, Raw animal food diet, yang mengkonsumsi juga daging dan berbagai makanan asal hewan mentah.

Tentu saja tidak sembarangan jika Anda hendak menerapkan cara hidup ini. Anda harus membekali diri dengan pengetahuan tentang cara mengolah dengan benar berbagai bahan mentah yang akan dikonsumsi. Sebab jika tidak, malah akan berakibat buruk bagi kesehatan.

Yang terpenting lagi, tekad kuat dan komitmen merupakan kunci keberhasilan pola diet ini.

Namun, tubuh sehat pasti akan didapat jika telah berhasil melaksanakannya. Terbukti banyak artis Holywood seperti Uma Thurman, Natalie Portman, Alicia Silverstone, Cher, Lisa Bonet, Sting, sampai Jason Mraz yang menjadi penganut Raw Food Diet.

Anda tertarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda