Scroll to Top

Ini Alasan Kimchi Sayuran Fermentasi Korea Bisa Begitu Fenomenal

By C Novita / Published on Wednesday, 22 Nov 2017

Kimchi

Kimchi adalah makanan tradisional dari Korea yang berupa sawi putih, diolah menjadi semacam acar dengan cara difermentasi memakai bumbu dan cabai bubuk. Mengapa sayuran fermentasi ini begitu fenomenal bahkan Google menampilkan doodle nya tepat di Rabu (22/11/2017) ini?

Ternyata alasannya adalah karena tepat tanggal ini, warga Korea memperingatinya sebagai ‘Kimchi Day‘ atau Hari Kimchi. Di tanggal ini mereka akan mulai menggarami kimchi dan memprosesnya menjadi hidangan yang enak.

Bagi warga negeri ginseng itu, tak lengkap rasanya jika di meja makan tidak terhidang sayuran fermentasi tersebut. Mereka hampir setiap hari memakan kimchi sebagai hidangan pelengkap. Menu tersebut adalah tradisi dan tidak bisa dilepaskan dari warga Korea.

Pertama kali, kimchi ditemukan sekira 2.600-3.000 tahun yang lalu di Korea. Ada banyak sekali versi bumbu yang dipakai oleh orang Korea, tiap daerah bisa berbeda-beda. Namun, dikatakan bahwa baru pada abad ke-18 penggunaan bubuk cabai pedas mulai dilakukan.

Bahan utamanya ada dua yakni sawi putih dan lobak. Proses fermentasi kimchi dilakukan di dalam guci-guci besar bernama Onggi yang ditutup selama beberapa hari.

Umumnya, pada bulan November dan Desember kimchi dibuat dalam jumlah besar untuk selanjutnya disimpan dan dikonsumsi. Karena prosesnya fermentasi, sayuran ini diklaim sangat sehat karena mengandung bakteri probiotik yang menyehatkan pencernaan.

Oleh PBB, kimchi dimasukan dalam daftar warisan budaya bukan benda oleh UNESCO tahun 2015 lalu.

 

 

Komentar Anda