Scroll to Top

Tips Aman Pakai Toilet Umum Agar Tidak Tertular Bakteri Berbahaya

By C Novita / Published on Thursday, 23 Nov 2017

toilet umum

Sering bepergian dan menggunakan toilet umum? Waspadalah sebab berbagai jenis bakteri dan virus penyakit bisa ada di sana. Pengguna toilet umum adalah banyak tipe orang dengan kondisi kesehatan yang berbeda. Bisa jadi salah satunya mengidap penyakit yang dapat menular melalui  toilet.

Menurut pakar kesehatan dan juga hasil penelitian, toilet umum dapat menjadi sumber bakteri serta kuman, bahkan yang terlihat bersih sekalipun.

Anda perlu melakukan beberapa hal untuk tetap terjaga agar tidak tertular bakteri dan virus dari sana. Dilansir laman Meetdoctor, berikut ini tips aman memakai toilet umum:

Siram hingga bersih

Tentu sangat tidak menyenangkan jika memasuki toilet dan masih ada sisa kotoran yang tersisa disana. Karena itu sebaiknya setiap usai buang air maka siramlah dengan air yang cukup sampai kotoran benar-benar bersih. Toilet duduk dengan penutup disebut masih lebih aman dan bersih dari kontaminasi bakteri, ketimbang toilet dengan model tanpa penutup.

Bersihkan dudukan toilet

Adalah penting untuk selalu membawa tisu antibakteri, sehingga bisa dipakai membersihkan bagian dudukan toilet sebelum digunakan. Kondisi ini dapat membantu menghilangkan bakteri berbahaya di bagian dudukan agar tak menulari Anda.

Tisu toilet bisa tercemar

Tisu yang ada dalam toilet bisa jadi sudah tercemar oleh bakteri. Tahukah Anda bahwa saat seseorang buang air, lalu menyiram kotorannya, ada sebagian air yang memercik, dan berubah menjadi aerosol atau menguap dan menempel di tisu toilet. Apalagi jika tempat tisu tidak berpenutup. Jadi sebaiknya gunakan tisu sendiri untuk lebih amannya.

Cuci tangan

Biasakan selalu mencuci tangan dengan sabun, usai buang air. Namun ketahuilah bahwa keran wastafel di toilet pun merupakan tempat paling berkuman. Jadi cobalah sesedikit mungkin menyentuhnya, dan pakai sabun hingga ke pergelangan tangan selama minimal 15-20 detik sebelum dibilas.

Pintu toilet

Pegangan pintu toilet juga disebut sebagai salah satu benda paling berkuman yang ada di toilet umum. Benda itu paling banyak disentuh orang sehingga berpotensi menyimpan kuman. Usahakan tidak memegang secara langsung, melainkan gunakan tisu. Setelah usai dari toilet, Anda bisa membuang tisu tersebut.

 

 

Komentar Anda