Scroll to Top

Ricky FM Mendua, Five Minutes Tetap Bertahan?

By Aditya / Published on Saturday, 14 Jan 2012

Ricky Tjahyadi atau yang lebih dikenal sebagai Ricky FM punya proyek band baru selain Five Minutes. Motor utama penggerak band yang sudah eksis sejak pertengahan dekade 1990-an ini dikabarkan sedang asyik mengurusi band baru bernama Hoki.

Kabar itu dihembuskan oleh Robi, salah satu punggawa band Hoki. Menurut Robi, Ricky FM banyak membantu dalam aktivitas bermusik Hoki. Bahkan, salah satu pendiri Five Minutes itu sering menyediakan studio untuk Hoki berlatih. Sebagai musisi yang boleh dibilang senior, Ricky FM pun dikatakan sering memberi saran dan strategi kepada para personel Hoki dalam mengarungi ganasnya rimba musik Indonesia.

”Kang Ricky (FM) itu banyak sekali membantu kami dalam bermusik. Dia juga orangnya sangat disiplin dan memberikan masukan kepada kami bagaimana dan apa yang harus dilakukan band baru dalam mewarnai blantika musik Indonesia,” jelas Robi, gitaris Hoki, di Jakarta, seperti dikutip dari KapanLagi, Jum’at (13/1).

Namun, Robi tidak mau menyebut posisi Ricky FM di band Hoki. Menurut Robi, Ricky tidak mau menjadi sorotan publik dengan turut menggawangi band baru selain Five Minutes. Kendati demikian, Robi mengaku bahwa peran Ricky FM di Hoki sangat besar.

”Dia (Ricky FM) enggak mau dibawa-bawa meski perannya itu sangat besar,” ujar Robi.

Lantas, bagaimana dengan nasib Five Minutes setelah Ricky FM punya gawe baru? Belum ada informasi tentang ini, namun besar kemungkinan Ricky FM tidak akan meninggalkan band yang dilahirkan dan dibesarkannya itu.

Ricky FM adalah salah satu pendiri Five Minutes yang masih kukuh menegakkan eksistensi band asal Bandung itu. Peran Ricky FM bagi Five Minutes, yang meluncurkan album perdana pada 1995 dan hingga kini sudah merilis 10 album, sangat sentral.

Bisa dikatakan, posisi Ricky FM di Five Minutes hampir mirip dengan Ahmad Dhani di Dewa 19 atau Nazriel Irham alias Ariel di Peterpan, karena selain sebagai kibordis, Ricky FM juga berperan sebagai pencipta lagu dan penata musik di Five Minutes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda