Scroll to Top

EcoATM, Mesin ATM Untuk Handphone Bekas

By Andhika / Published on Saturday, 14 Jan 2012

Mungkin saja jika mesin ini dioperasikan di Indonesia, bisa menggeser eksistensi para pedagang handphone bekas. EcoATM, adalah sebuah mesin penerima handphone bekas yang bekerja layaknya ATM bank.

Pada prinsipnya, EcoATM akan memeriksa handphone yang anda bawa, baik kondisi maupun harganya dan kemudian menampilkan tafsiran harganya di layar. Jika anda setuju, maka tinggal masukkan handphone anda, dan uang akan keluar.

Mesin itu berbentuk kotak besar, mirip seperti mesin ATM dengan kotak penerima handphone tempat anda memasukkan handphone bekas anda. Tidak hanya handphone, mesin ini juga menerima mp3 player untuk ditukar dengan uang.

Bagaimana tepatnya cara kerja mesin ini? Begini caranya. Pertama-tama anda perlu meletakkan handphone anda di tempat yang telah disediakan.

Kemudian sebuah kamera mengambil foto handphone anda tersebut dan mencocokkan modelnya dengan database. Dari info yang didapat, mesin pertama ini memiliki database dari 4000 model handphone yang beredar di Amerika.

Tahap kedua adalah mengkoneksikan handphone anda dengan kabel yang ada di dalam mesin. Setelah terkoneksi, mesin kemudian akan memeriksa kondisi handphone anda.

Dipastikan bahwa selama proses ini, tidak ada data pribadi anda yang akan dicuri.

Setelah semua analisa tadi selesai. Mesin kemudian akan memeriksa harga second handphone anda tersebut dengan melihat tabel harga pada toko-toko atau perusahaan yang bersedia menerima model handphone anda.

Kemudian akan muncul harga yang sesuai pada layar, jika anda menerima harga tersebut, maka mesin akan mengeluarkan uang sesuai harga yang tertera di layar.

Perusahaan pembuat EcoATM, yang bermarkas di San Diego mengatakan,

“Perusahaan kami telah mematenkan diagnosa elektronik, mesin dan artificial intelligence untuk menafsir dan membeli mp3 bekas dan handphone langsung dari konsumen”.

Perusahaan tersebut juga menambahkan, bahwa sebenarnya dalam sebuah perangkat elektronik, sebanyak 75% komponennya bisa didaur ulang.

Mesin generasi pertama ini baru menerima handphone dan mp3 player saja. Namun kabarnya, untuk generasi keduanya akan bisa menerima Galaxy Tab dari Samsung, iPad, Kindle E-reader dari Amazon dan Nook dari Barnes & Noble.

EcoATM ini saat ini baru dioperasikan di California saja dan jika bekerja dengan baik, maka selanjutnya akan segera beredar luas di seluruh daratan Amerika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda