Scroll to Top

Ultah ke-59, Guruh Soekarnoputra Merasa Belum Merdeka

By Aditya / Published on Saturday, 14 Jan 2012

Guruh Soekarnoputra, musisi senior yang juga putra dari Sang Proklamator Ir. Soekarno, hari Jum’at (13/1) kemarin merayakan miladnya yang ke-59. Adik kandung dari mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri ini pun menggelar syukuran sederhana di kediamannya di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Acara itu dihadiri oleh sejumlah anggota keluarga besar Soekarno, termasuk Sukmawati Soekarnoputri dan Rachmawati Soekarnoputri. Namun, Megawati Soekarnoputri berhalangan hadir karena harus menunggui sang suami, Taufik Kiemas, yang sedang terbaring sakit.

”Saya bahagia, kakak saya dan adik saya ada di sini. Sementara kakak saya Megawati (Soekarnoputri) berhalangan karena ada tugas menunggu yang sakit,” kata Guruh Soekarnoputra dalam sambutannya.

Seniman ulung yang pernah berkiprah bersama Keenan Nasution dan sejumlah musisi senior lainnya dengan menggawangi grup band Guruh Gipsy ini mengaku selalu lupa berapa usianya di setiap perayaan ulang tahunnya. Namun, Guruh Soekarnoputra senantiasa memohonkan anugerah dari Tuhan untuk semua.

”Setiap tahun saya semakin lupa umur berapa saya. Tapi, saya memohon agar kita semuanya diberikan kekuatan dan kesehatan,” tutur pendiri grup kesenian Swara Mahardhika ini.

Namun, Guruh Soekarnoputra masih merasakan galau di usianya yang ke-59 tahun ini. Ia merasa belum menjadi manusia merdeka yang seutuhnya. Seniman kelahiran 13 Januari 1953 ini menilai penjajahan terselubung masih terjadi di Indonesia.

”Selama saya hidup 59 tahun, saya merasakan sebagai manusia merdeka hanya 14 tahun saja. Setelah tahun 1967, bangsa Indonesia tidak lagi menjadi bangsa yang merdeka,” tukas Guruh Soekarnoputra merujuk pada kondisi politik di negara ini yang masih saja kacau-balau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda