Scroll to Top

Saat Tekanan Darah Turun, Segera Lakukan 5 Hal Ini

By C Novita / Published on Tuesday, 28 Nov 2017

mengukur tensi

Kondisi menurunnya tekanan darah sampai di bawah normal bisa membahayakan kesehatan. Pasalnya, jika tekanan darah turun maka suplai darah ke berbagai organ vital dalam tubuh juga akan berkurang.

Jantung tak kuat memompa darah sampai ke ujung jari kaki, ujung tangan, tubuh terasa dingin, terjadi varises, gangguan ginjal, serta masalah lainnya.

Penanganan mandiri apabila Anda merasa bahwa tekanan darah menurun ada beberapa cara. Segera lakukan untuk menaikkan kembali tekanan darah dan tidak memicu komplikasi penyakit lainnya.

Berikut ini hal yang bisa Anda lakukan saat tekanan darah menurun, seperti dilansir laman Boldsky:

Makanan pedas

Makanlah makanan yang pedas berbahan cabai. Kandungan capcaisin pada cabai mampu membantu melebarkan pembuluh darah serta menaikkan tekanan darah. Sistem kardiovaskular Anda juga akan kembali normal secara perlahan dengan makanan yang pedas berbahan cabai.

Longgarkan pakaian

Hindari mengenakan pakaian ketat atau sempit dalam waktu lama, sebab dapat menghambat aliran darah. Longgarkan semua pakaian sehingga aliran darah kembali normal.

Makanan tinggi folat

Makanan yang kaya asam folat juga baik untuk menormalkan tekanan darah. Zat ini menyokong pembentukan sel darah merah, juga mencegah kurang darah dan tekanan darah rendah. Dapat terjadi penggumpalan darah jika kurang asupan asam folat. Anda bisa dapatkan zat itu di sayur hijau, brokoli atau alpukat.

Naikkan kaki

Naikkan sedikit kaki Anda lebih tinggi dibanding bagian kepala dan dada. Lalu turunkan setelah beberapa saat dinaikkan. Ini akan membantu memperbaiki sirkulasi darah, dan menormalkan lagi tekanan darah sembari dilakukan cara lainnya.

Pijat

Memijat tubuh dapat membantu menormalkan tekanan darah rendah. Dengan pijatan, maka pembuluh darah akan lebih lancar mengalir di seluruh bagian tubuh. Dalam studi dilaporkan bahwa memijat positif manfaatnya untuk fungsi vaskular perifer.

 

 

Komentar Anda