Scroll to Top

Valverde: Wasit Aneh Anulir Gol Messi, Tapi Belum Tentu Memihak Madrid

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 29 Nov 2017

Valverde Wasit Aneh Anulir Gol Messi, Tapi Belum Tentu Memihak Madrid (1)

Ernesto Valverde dalam konferensi pers jelang laga Barcelona vs Real Murcia di Copa del Rey, ditodong pertanyaan soal gol hantu Lionel Messi ke gawang Valencia. Sang juru taktik Barca menyebut, wasit memang aneh menganulir gol itu. Namun hal ini tak bermakna ada konspirasi wasit memihak Real Madrid.

Sejak laga Valencia vs Barcelona pada Senin (27/11) yang berakhir imbang 1-1, muncul berbagai opini tentang tembakan Messi yang masuk gawang sebelum didorong keluar oleh kiper Neto. Tidak sedikit yang menuding, ini adalah bukti bahwa wasit di La Liga berpihak kepada Real Madrid.

Dengan hasil imbang yang dialami Barcelona, sekarang jarak Los Blancos dari sang pemuncak klasemen tinggal delapan angka. Seolah wasit punya kepentingan untuk membuat Liga Spanyol tidak ‘cepat selesai dan membosankan’.

Ernesto Valverde sendiri ada dalam pihak yang menyayangkan keputusan tersebut. Katanya, “Dari posisi saya (di dekat bangku cadangan)  mustahil melihat apakah bola masuk atau tidak. Saya melihat Messi merayakan gol. Ada 40.000 orang (di Mestalla) yang melihat itu adalah gol.”

“Adalah hal absurd wasit tidak melihat hal sejelas ini dalam laga sepenting ini. Setiap tahun selalu ada insiden seperti ini, dan (keputusan gol atau tidak) bisa sangat menentukan (dalam perebutan gelar juara).”

Valverde Wasit Aneh Anulir Gol Messi, Tapi Belum Tentu Memihak Madrid (2)

Valverde menambahkan, “Adalah hal aneh pula kita (La Liga) tidak menggunakan teknologi. Saya berharap suatu saat kita akan menggunakan Hawk-Eye. Tapi secara umum, level wasit di Spanyol bagus, dan memimpin laga adalah hal sulit. Saya tidak akan mau (andai ditunjuk) jadi wasit.”

Meskipun demikian, Ernesto Valverde tidak mau berpolemik lebih jauh. Ia tidak mau menduga-duga soal kecenderungan wasit memihak klub tertentu. Penjelasannya, “Setiap pihak punya hak komplain. Say tidak melihat perbedaan (perlakuan wasit) untuk Barcelona, Real Madrid, atau tim lain.”

Laga Barcelona vs Real Murcia sendiri akan digelar di Camp Nou pada Kamis, 30 November pukul 01.30 WIB. Saat ini, Barca unggul agregat 0-3. Barcelona sendiri adalah juara bertahan Copa del Rey dalam tiga musim beruntun.

Komentar Anda