Scroll to Top

Cristiano Ronaldo Luar Biasa, Tapi Di Bawah Level Lionel Messi

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 02 Dec 2017

Cristiano Ronaldo Luar Biasa, Tapi Di Bawah Level Lionel Messi 5

Cristiano Ronaldo memang luar biasa. Meskipun demikian, pencapaiannya di era ini tetap berada di bawah Lionel Messi. Demikian klaim pelatih Argentina, Jorge Sampaoli yang menegaskan, pemain terbaik dunia tidak perlu dibuktikan dengan gelar Piala Dunia.

Jika melihat perkembangan Cristiano Ronaldo, ia tergolong melakukan hal yang nyaris mustahil. Pada tahun 2012, CR7 menyaksikan Lionel Messi mendapatkan gelar Ballon d’Or keempat. Kala itu sang bintang Real Madrid bahkan baru mendapatkan satu gelar.

Namun kini, di tahun 2017, Ronaldo dinyatakan sebagai Pemain Terbaik Dunia yang kelima kalinya. Artinya, dalam tempo lima tahun, CR7 mampu merebut gelar terbaik empat kali, sementara Messi hanya satu. Hal inilah yang disebut sebagai comeback paling sensasional Ronaldo untuk sejajar dengan La Pulga.

Andai Cristiano Ronaldo pada 7 Desember nanti dinobatkan sebagai pemenang Ballon d’Or, maka dia dan Messi akan berbagi gelar tersebut secara berimbang; sama-sama menang lima kali. Cuma, bagi Jorge Sampaoli, berapapun gelar Ronaldo, Messi tetaplah yang terbaik.

Cristiano Ronaldo Luar Biasa, Tapi Di Bawah Level Lionel Messi

Kepada Omnisport, sang mantan juru taktik Sevilla menuturkan, “Cristiano adalah pemain yang luar biasa, tapi saya pikir dalam 10 tahun terakhir Messi adalah pemain terbaik di dunia. Tapi ini adalah pemikiran saya, berdasarkan statistik, dengan perbandingan jumlah gol, assist, hingga gaya. Ini murni pemikiran saya saja.”

Di tingkat junior, Lionel Messi sudah mempersembahkan gelar Piala Dunia U20 untuk Argentina. Dia juga memenangi Olimpiade 2008 bersama Albiceleste. Tapi di level senior, gelar Messi untuk Albiceleste masih macet sejauh ini.

Tentang hal ini, Sampaoli menegaskan, apapun yang terjadi, level Messi tetaplah di atas awan, sejajar dengan para legenda terbaik seperti halnya Pele (Brazil) atau Diego Maradona (Argentina).

“Saya pikir di setiap era ada pesepakbola yang dianggap terbaik: Pele, Maradona dan saat ini Messi. Dia sudah bertahan di Eropa selama satu dekade, menjadi pemain terbaik di dunia, mencetak lebih dari 500 gol di sepakbola Eropa yang sangat rumit.”

“Jadi Anda tidak harus meraih gelar Piala Dunia untuk menjadi yang terbaik di dunia.

Komentar Anda