Scroll to Top

De Gea Catat Rekor Penyelamatan Terbanyak, Mourinho: Ia Kiper Terbaik Dunia!

By Wan Faizal / Published on Sunday, 03 Dec 2017

David De Gea

Nama David De Gea disanjung setinggi langit pasca pertandingan Arsenal vs Manchester United semalam. Bagaimana tidak, dalam laga tersebut ia mencatatkan 14 kali penyelamatan yang membuat namanya masuk dalam buku rekor Liga Inggris. Atas performanya dalam laga tersebut, Jose Mourinho tak ragu menyebut bahwa De Gea adalah kiper terbaik dunia.

Dua gol dalam 11 menit pertama pertandingan yang dibuat oleh Antonio Valencia dan Jesse Lingard membuat gawang United menjadi incaran para pemain Arsenal. Serangan bertubi dilancarkan oleh Alexis Sanchez dkk namun mereka terus menemui jalan buntu yang dalam pertandingan tersebut dikenal dengan nama De Gea.

Total 14 kali penyelamatan dilakukan De Gea dalam pertandingan tersebut termasuk dua tepisan beruntun atas usaha Sanchez dan Alexandre Lacazette di babak pertama. Bahkan ketika Arsenal memasukkan Alex Iwobi, Danny Welbeck, dan Olivier Giroud yang semuanya berkarakter menyerang, tetap saja gawang De Gea tidak bisa ditembus lagi selain gol dari Lacazette di awal babak kedua.

https://twitter.com/D_DeGea/status/937062335440670720

“Saya katakan pada David setelah pertandingan usai bahwa hari ini saya melihat penampilan kiper terbaik dunia. Dalam pertandingan besar seperti ini memang dibutuhkan seorang kiper yang tangguh dan tim benar-benar membutuhkan De Gea dalam laga tadi. Tapi secara keseluruhan, performa para pemain saya semuanya bagus,” terang Mourinho.

Catatan yang didapat De Gea tersebut memang tidak membuatnya berdiri paling atas. Pasalnya ada juga nama Tim Krul yang melakukan jumlah penyelamatan yang sama dalam satu laga saat Newcastle United melawan Tottenham Hotspur pada November 2013. Ada juga Vito Mannone yang bermain bagi Sunderland saat melawan Chelsea pada April 2014 dengan jumlah yang sama. Sebagai tambahan, catatan itu mulai berlaku sejak Opta memulainya pada awal musim 2003-2004.

Namun satu hal yang harus dicermati Mourinho dibalik gemilangnya De Gea adalah pertahanan timnya yang sangat rapuh. Para pemain Arsenal terlihat sangat mudah menembus barikade pertahanan United meski untungnya tak sampai tercipta banyak gol berkat penampilan ajaib dari kiper asal Spanyol itu.

Komentar Anda