Scroll to Top

Manchester United Kalahkan Arsenal Karena Jose Mourinho Jenius

By Wan Faizal / Published on Sunday, 03 Dec 2017

ArsMU5

Manchester United berhasil meraih kemenangan yang sangat berharga di kandang Arsenal semalam. Menurut Chris Smalling, mereka bisa menjinakkan Arsenal yang tengah berada dalam kondisi terbaiknya berkat kejeniusan Jose Mourinho dalam meramu taktik serta menerapkan skema main yang berbeda dibanding beberapa pertandingan terakhir.

Memainkan tiga bek memang baru dilakukan Mourinho dalam beberapa pertandingan terakhir. Cukup riskan sebenarnya bagi mereka untuk tetap mempertahankan formasi itu ketika berhadapan dengan tim seperti Arsenal, namun Mourinho tetap menerapkannya sembari memasang dua striker di depan yakni Romelu Lukaku dan Anthony Martial. Hasilnya pun terlihat di lapangan karena dengan skema main seperti itu membuat segalanya menjadi lebih mudah bagi United, menurut Smalling.

“Saya rasa kami bisa mempertahankan performa bagus setelah menang atas Watford. Ketika kami bermain dengan sistem seperti ini, kami bisa bermain dengan dua striker sekaligus untuk menekan pertahanan lawan. Sementara Arsenal hanya memainkan satu penyerang saja melawan kami dan di sisi lain dua striker kami bisa memberikan tekanan secara konstan pada pertahanan Arsenal,” sebut Smalling yang memang terbukti dari dua gol pertama United yang lahir dari kesalahan pemain Arsenal, buah dari tekanan dari para pemain depan United.

“Saya rasa pertandingan tadi memang menarik untuk disaksikan, baik bagi fans yang menontonnya dan bagi kami sebagai pemain. Kami saling berbalas serangan dan kami beruntung bisa mencetak dua gol terlebih dahulu yang berarti Arsenal harus bermain lebih ofensif yang berdampak pada semakin menariknya pertandingan.”

United sendiri harus berjuang ekstra keras karena di menit 74 ada kartu merah untuk Paul Pogba akibat pelanggaran keras yang ia lakukan pada Hector Bellerin. Namun dalam situasi seperti itu, United masih sanggup mempertahankan skor yang ada berkat kedisiplinan mereka dan juga karena betapa tangguhnya David De Gea dalam pertandingan tersebut.

“Saya rasa itu bisa terjadi karena taktik kami berjalan dengan bagus dan membuat kami semakin kuat. Arsenal barangkali memainkan empat striker di babak kedua dan kami bisa memastikan bahwa kami melakukan tugas dengan baik. Setiap pemain kami telah bermain brilian dalam laga tersebut.”

Komentar Anda