Scroll to Top

Atletico Madrid Jatuh Ke Liga Europa, Apa Alibi Diego Simeone?

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 06 Dec 2017

Atletico Madrid Jatuh Ke Liga Europa, Apa Alibi Diego Simeone (2)

Atletico Madrid resmi jatuh ke Liga Europa musim ini. Hanya menjadi peringkat ketiga di klasemen akhir Grup C, ATM harus menerima nasib kembali ke ‘liga malam Jumat‘ yang disebut kasta kedua di Eropa. Apa alibi pelatih Diego Simeone kali ini?

Di pertandingan terakhir pada Rabu, 6 Desember 2017, Atletico Madrid hanya bisa menahan imbang tuan rumah Chelsea 1-1. Hal yang tidak cukup untuk mengatrol posisi mereka. Dari total enam laga, Atletico cuma meraih enam poin, jauh tertingal dari AS Roma dan Chelsea yang mengantongi 11 poin.

Bagi pasukan Diego Simeone ini jelas merupakan kemunduran. Pasalnya, dalam empat musim terakhir, mereka menjadi salah satu klub elite di Liga Champions. Bahkan menembus final dua kali. Kini Atleti kembali seperti pada musim 2012-2013 kala terakhir kali berkompetisi di Europa League.

Namun Simeone menolak jika Atletico Madrid disebut terpuruk. Sementara kapten Gabi pernah menyebut, Liga Europa sebagai kompetisi sampah, sang juru taktik punya pandangan berbeda. Dia akan tetap serius membidik kompetisi tersebut.

Atletico Madrid Jatuh Ke Liga Europa, Apa Alibi Diego Simeone (1)

Kata Simeone, “”Kami tidak gagal (meski tersingkir dari Liga Champions). Hal semacam ini bisa terjadi. Anak-anak sudah memberikan segalanya untuk menang dan mencoba bertarung sampai menit terakhir. Kami baik-baik saja.”

“Yang penting (dalam semua kompetisi) adalah tajam di depan gawang lawan.  Anda perlu mencetak gol. Kami hanya kalah dalam satu pertandingan (di Liga Champions musim ini, dan itu terjadi), di menit ke-93 (melawan Chelsea).”

Atletico Madrid pernah menjadi jawara Liga Europa, terakhir kali pada musim 2011-2012, atau musim pertama Diego Simeone menangani klub. Kini apakah El Cholo akan membangkitkan romantisme keberhasilan itu?

Tentang hal ini, Simeone menuturkan, “Saya akan memotivasi pemain untuk (bertarung di) Liga Europa, seperti yang saya lakukan untuk laga persahabatan, pertandingan LaLiga, atau pertandingan Copa del Rey. Ketika mengenakan jersey Atletico, Anda tidak memerlukan motivasi tambahan.”

(Liga Europa) Ini sekarang tantangan baru bagi kami. Mimpi baru untuk diperjuangkan.

Komentar Anda