Scroll to Top

Panci Berkerak Gosong, Ini Cara Mudah Menghilangkannya

By C Novita / Published on Thursday, 07 Dec 2017

panci gosong

Saat memasak kadang secara tak sengaja panci kesayangan menjadi gosong dan berkerak. Akibatnya tentu tak bisa digunakan kembali, dan hanya teronggok di sudut dapur. Untuk membersihkan kerak itu perlu tenaga ekstra sehingga banyak yang menyerah dan enggan melakukannya, sebab bisa bikin panci jadi baret-baret.

Padahal ada cara mudah menghilangkan kerak tanpa perlu memakai otot lho. Panci juga tidak lecet baret akibat digosok sekuat tenaga memakai kawat pencuci di dapur.

Seperti apa caranya? Dilansir laman Thekitchn, Rabu (6/12/2017), ini trik mudahnya:

Siram air panas

Caranya adalah, letakkan panci berkerak di atas api kompor dengan nyala sedang. Siapkan air panas secukupnya. Jika panci sudah panas, segera siram dengan air panas yang telah disiapkan sebelumnya. Biarkan sampai mendidih, beri beberapa tetes sabun pencuci piring. Setelah itu matikan api kompor dan mulailah menggosok kerak dengan spatula atau sendok kayu agar keraknya lepas.

Rebus cuka

Caranya letakkan panci berkerak di atas api sedang, sampai panci panas. Lalu tuang cuka hingga bagian yang gosong tertutup. Biarkan mendidih. Setelah itu pakai sendok kayu untuk menggosok bagian yang berkerak tersebut hingga lepas.

Rendam sabun

Panci yang gosong direndam air panas dan sabun pencuci piring. Diamkan selama semalaman, lalu gosok perlahan dengan kawat pencuci piring. Cara ini agak lama, sebab jika kerak masih menempel, lakukan kembali perendaman dengan sabun dan air panas.

Baking soda

Masukkan dua sendok baking soda ke panci berkerak, lalu siram dengan air panas sedikit saja. Ratakan di bagian kerak panci. Diamkan selama 20-30 menit lalu gosok perlahan hingga kerak lepas dan panci bersih lagi.

Selamat mencoba.

 

 

Komentar Anda