Scroll to Top

Tips Cegah Penularan Difteri: Pakai Masker dan Rajin Cuci Tangan

By C Novita / Published on Thursday, 07 Dec 2017

masker pakai

Penyakit difteri sedang mewabah di puluhan kota serta kabupaten di tanah air. Cara penularan penyakit yang sangat mudah, yakni melalui percikan air liur dan bersin dari penderita, membuat jumlah pasien bertambah banyak.

Untuk mencegah penularan difteri, Anda bisa melakukan tindakan mandiri yakni dengan menggunakan masker penutup hidung dan mulut saat berada di ruang publik. Selain itu, selalu mencuci tangan sebelum makan dan setelah melakukan kegiatan di luar rumah juga mampu mengurangi penularannya.

Penyakit difteri yang gejalanya mirip dengan ISPA ini, disebabkan oleh bakteri Corynebacterium. Bakteri tersebut berkembang biak di mulut manusia, tepatnya di air liur seseorang.

“Kami imbau kesadarannya bagi penderita infeksi saluran napas harus pakai masker,” ujar Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI dr. H. M. Subuh, MPPM.

“Tidak ada salahnya orang sehat juga pakai masker, baik itu saat naik bus, kereta, dan berkumpul di tempat umum,” tambahnya seperti dilansir laman okezone.com.

Tangan adalah anggota tubuh yang sering memegang berbagai benda di tempat umum. Anda tidak tahu apakah benda atau sesuatu yang Anda pegang itu bersih atau mengandung kuman bukan?

Jadi selalu mencuci tangan adalah pilihan cerdas jika ingin tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit menular. Gunakan sabun saat mencuci tangan, sebab jika hanya air saja maka kuman dan bakteri tak akan hilang tuntas.

Selanjutnya, jaga pola makan dengan selalu mengonsumsi makanan sehat. Ini baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat dan tidak mudah loyo saat diserang virus dan kuman.

Penting lagi, berikan imunisasi bagi anak usia 1-19 tahun, yakni jenis tetanus difteri (TD). Dengan imunisasi ini maka tubuh anak sudah memiliki kesiapan menghadapi difteri.

 

Komentar Anda