Scroll to Top

Jadwal Drawing 16 Besar Liga Champion 2018: Barcelona vs Chelsea?

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 07 Dec 2017

Hasil Liga Champion Tadi Malam Real Madrid vs Borussia Dortmund 3-2

Jadwal drawing 16 besar Liga Champion 2018 akan digelar pada Senin, 11 Desember 2017 mendatang. Dari semua kemungkinan, peluang Barcelona berduel versus Chelsea di perdelapan final Liga Champions musim ini paling besar. Persentasenya mencapai 40 persen. Bagaimana dengan pertarungan lain?

Aturan drawing Liga Champions 2018 masih sama seperti yang terdahulu. Para juara grup akan berhaapan dengan mereka yang cuma finish sebagai runner-up. Namun, klub yang berasal dari federasi yang sama tidak akan bisa bertemu di babak pertama sistem gugur ini.

Sebagai contoh, Barcelona keluar sebagai juara Grup D. Seharusnya dalam aturan pertama, mereka bisa bertemu Real Madrid sang runner-up Grup H atau Sevilla yang menjadi peringkat kedua Grup E. Namun karena mereka sama-sama berasal dari La Liga, peluang petemuan menjadi nol.

Berdasarkan simulasi yang dilakukan oleh Marca, duel Barcelona vs Chelsea punya persentase tertinggi untuk tercipta di babak 16 besar. Yaitu mencapai 40 persen. Sementara peluang Barca bersua tim lain, misalnya Basel, Bayern Munchen, Shakhtar Donetsk, hingga Porto hanya mencapai 15 persen.

Berikutnya, duel lain dengan persentase tertinggi untuk babak 16 besar, adalah PSG vs Chelsea yang mencapai 30 persen, atau Besiktas vs Chelsea yang mencapai 30 persen. Ini dilihat dari posisi The Blues sendiri.

Mereka tidak mungkin bertemu empat tim lain dari Premier League yaitu Manchester United, Tottenham, Liverpool, dan Manchester City. Selain itu Chelsea juga tidak bisa bersua AS Roma karena berasal dari grup yang sama. Otomatis Chelsea memang hanya punya tiga opsi: Barca, PSG, dan Besiktas.

Lalu bagaimana dengan sang juara bertahan Real Madrid? Kemungkinan besar, mereka akan berjumpa dengan AS Roma atau Manchester United. Peluang Los Blancos berduel dengan salah satu dari dua tim ini mencapai 19 persen.

Sementara itu, Juventus finalis musim lalu, punya banyak peluang. Kesempatan mereka berjumpa salah satu dari Tottenham, MU, atau Liverpool sama-sama di angka 19 persen. Namun jangan lupakan keberadaan Manchester City yang persentasenya mencapai 18 persen.

Secara detail, persentase peluang duel di babak 16 besar Liga Champion adalah sebagai berikut.

Jadwal Drawing 16 Besar Liga Champion 2018 Barcelona Duel vs Chelsea

Komentar Anda