Scroll to Top

Jantung Koroner Bisa Dicegah dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

By C Novita / Published on Thursday, 07 Dec 2017

sakit jantung

Penyakit jantung koroner bisa dicegah sejak dini, dengan mengatur pola makan sehari-hari. Ada beberapa jenis makanan yang disarankan untuk Anda asup sebab mengandung nutrisi tertentu yang baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Mencegah terjadinya penyakit jantung koroner sangat mungkin dilakukan, sebab penyakit ini bukan jenis penyakit yang diwariskan dari orang tua.

Angka kematian penderita penyakit ini cukup tinggi, sehingga jadi satu dari sekian penyakit yang ditakuti. Apalagi pengobatannya juga berlangsung dalam jangka panjang, sampai sisa umur ada di kandung badan.

Jadi pilihan terbaik adalah melakukan pencegahan, dengan banyak konsumsi makanan seperti yang dilansir oleh laman Boldsky, Kamis (7/12/2017) berikut ini:

Keju

Ini berdasarkan penelitian yang telah dipublikasi oleh European Journal of Nutrition. Studi tersebut menyatakan bahwa orang yang rutin makan keju, maka risiko mengalami jantung koroner jadi turun 14 persen. Sementara risiko ia mengalami stroke juga turun 10 persen. Alasannya, keju mengandung lemak baik yang membuat lemak jahat tidak bisa mengendap di pembuluh arteri.

Coklat murni

Coklat ini dikenal sebagai dark chocolate, yang rasanya agak pahit. Ia kaya flavonoid jenis polifenol yang membantu menyehatkan pembuluh darah, mencegah pembekuan darah dan hipertensi.

Kacang

Jenis kacang-kacangan juga baik bagi kesehatan jantung. Makanan ini mengandung serat, vitamin E dan omega-3 atau lemak baik. Asalkan pengolahannya bukan digoreng, Anda bisa mengonsumsinya setiap hari. Contoh terbaik adalah almond dan kenari.

Zaitun

Minyak ini kaya lemak baik atau lemak tak jenuh tunggal yang mengurangi efek buruk lemak jahat di tubuh Anda. Lemak baik juga dapat menurunkan kolesterol dan kadar gula darah.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Komentar Anda