Scroll to Top

Kecanduan Internet Sebabkan Gangguan Otak

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 15 Jan 2012

private_browsing

Batasi penggunaan internet Anda. Kalau sampai terlalu kecanduan, maka akan berpengaruh pada kondisi otak Anda. Peneliti di China mengatakan, ada perubahan materi otak pada  hasil CT scan otak dari 17 sampel pemuda yang kecanduan internet. Perubahan tersebut mengacu pada gangguan koneksi serat saraf yang menghubungkan daerah otak dalam hal  emosi, pengambilan keputusan, dan pengendalian diri.

Penelitian yang dilakukan Akademi Ilmu Pengetahuan China di Wuhan oleh Hao Lei itu dinyatakan, orang yang kecanduan internet memiliki bagian putih dari hasil scan otaknya. Bagian putih tersebut memiliki sejumlah serabut saraf. Inilah bukti adanya gangguan koneksi itu.

“Temuan kami menunjukkan, bahwa IAD (internet addiction disorder) memiliki integritas materi putih abnormal di daerah otak yang melibatkan generasi emosional dan pengolahan, perhatian eksekutif, pengambilan keputusan dan kontrol kognitif,” kata Lei yang meneliti scan otak pria berusia 14-21 tahun berjumlah 35 orang.

Seperti dirilis BBC, ketergantungan internet ini mengganggu kontrol impuls. Selain itu, ada pembagian mekanisme psikologis dan saraf dengan bentuk kecanduan lainnya.

Ada 17 relawan menyatakan gagal melakukan pembatasan aktivitas internetnya. Gangguan di otak tersebut juga membuat mereka susah menghentikan, sekali pun dengan mengurangi jam berinternet sedikit demi sedikit.

Peneliti mengungkapkan, gangguan otak dari pecandu internet ini punya gambaran sama bila dibandingkan dengan kondisi otak pecandu video game. Bahkan, gangguan tersebut  serupa dengan kondisi otak dari pecandu narkoba dan penyuka minuman beralkohol.

Sebelum terlambat, sebaiknya batasi penggunaan internet Anda sebelum akhirnya menjadi adiksi yang mengikat di otak. Gangguan otak sudah pasti akan memengaruhi tingkah laku Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda