Scroll to Top

Gudeg Bisa Dikemas Kalengan Lho!

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 15 Jan 2012

Gudeg, makanan asli Jogja ini membuat banyak orang jatuh cinta. Rasanya yang manis, gurih, asin, dan kadang sedikit asam ini punya peminat yang tak kalah banyaknya dibanding penggemar fast food. Warung gudeg akhirnya tidak hanya santer terdengar di kota asalnya. Banyak kota lain yang membuka restoran gudeg untuk memanjakan lidah pecinta kuliner dengan bahan baku nangka muda ini.

Nah, ternyata, gudeg pun bisa disimpan dalam waktu sampai satu tahun. Caranya, cukup awetkan gudeg melalui pengalengan. Ide ini muncul dari peneliti di Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta. Proses pengawetan ini diyakini mampu membuat gudeg layak dikonsumsi dalam jangka pajang, tanpa meninggalkan keaslian cita rasa.

“Salah satu cara mengawetkan gudeg adalah dengan teknologi pengalengan. Gudeg dikemas dalam kaleng sehingga lebih awet dan tahan lama,” ujar Eni Harmayani, peneliti pangan dan gizi UGM, seperti dikutip Antara.

Hanya saja, untuk standar mutu tetap harus dijadikan perhatian. Pemilihan nangka pun tidak sembarangan digunakan. Kata Eni, gudeg paling bagus menggunakan nangka muda yang berciri kulitnya kuning. Pada jenis nangka ini, memiliki tekstur yang kompak dan tidak gampang cerai berai kalau direbus.

Meski pun ini masih sekadar wacana, namun UGM punya rencana memulainya. Saat ini akan disiapkan tiga kelompok untuk melakukan uji coba teknologi pangan ini. Tugas tiap kelompok membantu pengembangan tanaman, teknologi produksi gudeg, sekaligus pendampingan untuk produksi dan pemasarannya.

Kalau gudeg kaleng sudah terwujud, barangkali Indonesia menjadi negara pengekspor gudeg. Masuk akal bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda