Scroll to Top

Belarusia Raih Tiket ke Olimpiade 2012

By Wan Faizal / Published on Sunday, 26 Jun 2011

belarusia u-21Beberapa jam sebelum laga final Piala eropa U-21 digelar, Belarusia dan Republik Ceko harus saling mengalahkan dalam laga perebutan tempat ketiga. Sebuah gol dari Yegor Filipenko pada menit ke 88 memberi kemenangan ganda bagi Belarusia. Pertama tentu posisi ketiga bagi Belarusia dalam turnamen ini. Dan yang kedua adalah tiket menuju Olimpiade 2012.

Untuk diketahui, tiga tim terbaik dari turnamen ini akan mendapat tiket menuju Olimpiade 2012 yang akan digelar di Inggris. Dua tiket lain sudah pasti jatuh ke tangan dua finalis, Spanyol dan Swiss.

Pelatih Ceko, Jakub Dovalil, seperti akan mampu membuktikan ucapannya sebelum laga bahwa timnya akan bermain lebih baik di laga ini. Free kick Adam Hlousek dan tendangan Lukas Vacha mampu membuat panik lini belakang Belarusia.

Sampai akhir babak pertama, Ceko tetap mendominasi permainan dengan penguasaan bola yang mencapai 63% berbanding 37% milik Belarusia. Bisa dimaklumi, mengingat Belarusia lebih memilih untuk bermain bertahan untuk menangani gempuran-gempuran pemain Ceko.

Di babak kedua, Ceko sekali lagi mendapat peluang emas yang terbuang sia-sia. Tendangan Marek Suchy dari jarak 25 meter berhasil membelah pertahanan rapat Belarusia. Sayang, lagi-lagi masih belum menemui hasil.

Menit ke 75, nasib Belarusia berubah.  Berawal dari pemain Ceko, Lukas Vacha, yang mendapat kartu kuning kedua, Belarusia ganti mengambil alih permainan. Tak sia-sia usaha yang dilakukan anak-anak asuh Georgi Kondratyev. Dua menit jelang bubaran, sebuah crossing dari Oleg Veretilo berhasil dituntaskan Filipenko dengan baik.

Skor 0-1 tak berubah hingga wasit Milorad Mazic meniup peluit akhir pertandingan. Dan ini akan menjadi debut bagi Belarusia di ajang sekelas Olimpiade.

Susunan pemain:

Rep. Ceko: Vaclik, Lecjaks (Kovarik 13’), Mazuch, Celutska, Suchy, Vacha, Dockal, Gecov, Horava, Hlousek (Kozak 46’), Chramosta (Kadlec 83’)

Belarusia: Gutor, Veretilo, Politevich, Filipenko, Dragun, Matveychik (Polyakov 76’), Sivakov, Perepechko (Baga 34’), Varankov, Nekhaychik, Skavysh (Rekish 83’)

[youtube lq6jtNuQGEQ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda