Scroll to Top

IBM Membuat Baterai Lithium Air Untuk Kendaraan Listrik Masa Depan

By Ivan Azzam / Published on Sunday, 15 Jan 2012

Sekali lagi IBM sebagai salah satu perusahaan besar membuat gebrakan baru di bidang teknologi. Kali ini IBM sedang mengerjakan teknologi baterai untuk kendaraan listrik (ambil contoh mobil listrik), yang IBM menyebutnya sebagai lithium air.

Lithium air battery

IBM memandang kendaraan listrik sebagai salah satu bentuk kendaraan alternatif masa depan, dan tentu saja bebas polusi, maka dari itu ide ini dicetuskan IBM agar suatu saat nanti kendaraan listrik, dengan menggunakan baterai lithium air ini menjadi kendaraan yang umum dipakai orang-orang menggantikan kendaraan konvensional saat ini.

Namun tentu ada satu halangan yang merintangi usaha IBM, yaitu bagaimana cara agar kendaraan listrik dengan baterai “lithium air” ini menjadi murah dan mudah diproduksi massal. IBM mengharapkan dari baterai ini mampu memberi tenaga pada kendaraan agar bisa berjalan sekitar 800 km. Proyek dengan kode nama Battery500 ini berteknologi menggunakan karbon yang bereaksi dengan oksigen agar bisa menghasilkan arus listrik, sehingga kendaraan berjalan.

Hmm, bagaimana? Tertarik melihat kendaraan dengan baterai ini beraksi? Tunggu saja saat nanti bisa diproduksi massal, karena jika lancar, prototip baterai ini akan hadir 2013 nanti, dan kendaraan bertenaga ini hadir 2020 nanti, masih lama ya? (via CNET)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda