Scroll to Top

Lawan Kanker dengan Makan Brokoli

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 15 Jan 2012

Kalau disuruh memilih untuk makan sayuran sehat, coba palingkan pilihan Anda ke brokoli. Meski bentuknya keriting kurang menarik, namun manfaatnya cukup ciamik. Sayuran hijau ini memiliki berbagai zat gizi yang berguna mencegah penyakit hati, hingga menumpas sel abnormal yang berpotensi kanker.

broccoli

John Hopkins University telah melakukan studi terhadap brokoli. Dalam temuannya, brokoli mampu menghadang laju pertumbuhan sel tumor sekaligus mengurangi massa tumor yang sudah dihambat perkembangannya itu.

Antioksidan sulforafana dan isotiosianat dalam brokoli mencegah pertumbuhan tumor sampai 60 persen. Sedangkan, tumor bisa berkurang ukurannya sampai 70 persen dengan sayuran ini. Tumor menjadi cikal bakal terbentuknya kanker. Dan, khasiat ini akan lebih maksimal dengan memakannya secara mentah.

Kalau tidak terbiasa, cukup rebus brokoli kurang lebih 5 menit. Kandungan asam folat pada brokoli akan hilang separuhnya dengan direbus. Makanlah brokoli tidak lama seusai dimasak.

Brokoli sangat cocok dijadikan bagian menu diet Anda. Sayuran ini rendah kalori. Berat badan Anda tetap terjaga. Selain itu, brokoli mampu meningkatkan imunitas yang akan menghadang berbagai hal merugikan bagi tubuh.  Kesehatan jantung juga akan terjaga dan melindungi kepadatan tulang. Bagi ibu hamil yang mengonsumsinya, bisa membuat bayi lahir tanpa cacat berkat asupan asam folat pada brokoli.

Mengonsumsi brokoli secara rutin dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit tersebut. Sempatkanlah minimal dua kali seminggu untuk menyantap seporsi brokoli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda