Scroll to Top

Hasil GP Valencia: Vettel Masih Yang Terbaik

By Rheza Fadhlillah / Published on Sunday, 26 Jun 2011

Sebastianvettel-Valencia-RaceGP Valencia belum membawa kabar baru mengenai persaingan antar pembalap Formula Satu. Sebastian Vettel kembali menjadi juara setelah pada GP Kanada lalu ia gagal mempertahankan posisinya dari Jenson Button. Vettel melahap 57 lap di sirkuit Valencia tanpa tersentuh oleh pembalap lain yang membuatnya berhasil menjadi pemenang pada seri Eropa ini.

Vettel yang memulai balapan dengan sempurna melesat tak terkejar sejak putaran awal. Sementara rekan setimnya Mark Webber harus berusaha meredam tekanan dari pembalap tuan rumah Fernando Alonso yang tampil kompetitif pada balapan kali ini.

Duo Ferrari secara mengejutkan menyodok ke posisi tiga dan empat menggeser Lewis Hamilton di posisi kelima saat start. Dengan Alonso berduel dengan Webber, sementara Massa mempertahankan posisinya dari Hamilton.

Massa sempat kehilangan waktu saat terjadi kesalahan kala ia melakukan pit stop dan membuat Hamilton merebut posisinya. Hingga akhir balapan Massa tidak mampu mengejar Hamilton dan harus puas berada di posisi kelima.

Mark Webber yang berada dibelakang Vettel berjuang keras mempertahankan posisinya dari kejaran Alonso. Namun kemudian Alonso lah yang berhak menduduki posisi kedua pada akhir balapan sedangkan Webber harus puas berada di posisi ketiga.

Pemenang GP Kanada lalu, Jenson Button, tampil kurang meyakinkan. Setelah sempat dilewati oleh Rosberg pada putaran awal, Button akhirnya hanya bisa finis keenam, posisi yang sama dimana ia memulai start pada balapan kali ini.

Pertarungan sengit justru terjadi dibarisan tengah kala Rosberg, Alguersuari, dan Sutil memperebutkan posisi ketujuh. Namun hingga usai balapan posisi tidak berubah Rosberg berhasil menempati posisi ketujuh diikuti oleh Alguersuari dan Sutil masing-masing diperingkat delapan dan sembilan.

GP Valencia belum menunjukan tanda-tanda kelemahan Red Bull, dimana sebelumnya dipercaya bahwa Red Bull akan kesulitan dengan peraturan baru mengenai engine mapping. Balapan berikutnya di Silverstone masih meninggalkan tanda tanya “Apakah dominasi Red Bull akan terhenti dengan adanya pelarangan mengenai Blown Diffuser ?”. Jawabannya adalah selama Red Bull tidak kurang kreatifitas maka dominasi mereka tidak akan terhalangi.

Hasil Akhir GP Eropa Valencia:

  1. Vettel Red Bull-Renault 1h39:36.169
  2. Alonso Ferrari + 10.891
  3. Webber Red Bull-Renault + 27.255
  4. Hamilton McLaren-Mercedes + 46.190
  5. Massa Ferrari + 51.705
  6. Button McLaren-Mercedes + 1:00.000
  7. Rosberg Mercedes + 1:38.000
  8. Alguersuari Toro Rosso-Ferrari + 1 lap
  9. Sutil Force India-Mercedes + 1 lap
  10. Heidfeld Renault + 1 lap
  11. Perez Sauber-Ferrari + 1 lap
  12. Barrichello Williams-Cosworth + 1 lap
  13. Buemi Toro Rosso-Ferrari + 1 lap
  14. Di Resta Force India-Mercedes + 1 lap
  15. Petrov Renault + 1 lap
  16. Kobayashi Sauber-Ferrari + 1 lap
  17. Schumacher Mercedes + 1 lap
  18. Maldonado Williams-Cosworth + 1 lap
  19. Kovalainen Lotus-Renault + 2 laps
  20. Trulli Lotus-Renault + 2 laps
  21. Glock Virgin-Cosworth + 2 laps
  22. D’Ambrosio Virgin-Cosworth + 2 laps
  23. Liuzzi HRT-Cosworth + 3 laps
  24. Karthikeyan HRT-Cosworth + 3 laps

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda