Scroll to Top

George Weah Legenda AC Milan, Resmi Jadi Presiden Liberia

By vratislav / Published on Thursday, 28 Dec 2017

George Weah Legenda AC Milan, Resmi Jadi Presiden Liberia

George Weah legenda AC Milan resmi menjadi presiden Liberia. Muncul sebagai kandidat dari Congress for Democratic Change (CDC), Weah mampu mengalahkan wakil presiden incumbent, Joseph Boakai dalam pemungutan suara yang berlangsung pada Selasa, 26 Desember 2017.

Bertahun-tahun lalu, George Weah mencatatkan sejarah besar di lapangan sepakbola. Ia menjadi pemain sepakbola Afrika pertama yang mampu memenangi Ballon d’Or pada 1995. Hebatnya hingga kini, tidak ada atlet lain dari Afrika yang mampu meraih pencapaian serupa Weah.

Selain itu, pria yang berposisi sebagai penyerang itu, ia pernah menaklukkan AC Milan dan PSG dalam kariernya. Bahkan pada 1996, Weah dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika Abad Ini. Karier Weah berakhir setelah ia bergabung ke Al Jazira pada 2003.

Namun, rampung di dunia sepakbola, Weah masih ingin melakukan penaklukan lain, yaitu di bidang politik. Mimpinya menjadi presiden sudah dimulai sejak pemilihan umum Liberia pada 2005. Ketika itu Weah kalah dari Ellen Johnson Sirleaf di ronde kedua voting.

Selang enam tahun kemudian, Weah kembali menjajal kerasnya pertarungan politik. Namun kala itu ia maju sebagai calon wakil presiden Winston Tubman. Kariernya terus menaik, termasuk ketika masuk Senat pada tahun 2014. Dan di percobaan ketiga tahun ini, Weah sukses besar.

Pemilihan umum Liberia 2017 berlangsung dua putaran. Hal ini terjadi setelah pada ronde pertama 10 Oktober 2017 lalu tidak ada kandidat yang meraih suara mayoritas. Kala itu,George Weah sudah mendapatkan suara terbanyak, mencapai 38,4 persen. Sementara saingannya, Joseph Boakai hanya mendapatkan 28,8 persen.

George Weah Legenda AC Milan, Resmi Jadi Presiden Liberia 3

Dua kandidat itu maju untuk putaran kedua demi menentukan pemenang. Dan kini bisa dipastikan, George Weah yang sukses menjadi nomor satu. Ia meraup suara terbanyak di 13 dari 15 wilayah, sementara Boakai hanya dua. Dengan demikian, Weah terpilih sebagai presiden Liberia ke-25.

Merayakan kemenangannya, George Weah melalui akun twitternya menuturkan, “Saya sangat berterima kasih kepada keluarga, teman-teman, dan pendukung setia saya yang berkontribusi pada kampanye kami selama musim pemilihan yang sangat panjang ini.”

“Dengan luapan rasa yang dalam, saya ingin mengucapkan terima kasih, rakyat Liberia, karena telah menghormati saya dengan pilihan suara Anda hari ini. Ini adalah harapan besar.”

George Weah yang kini berusia 51 tahun, akan menggantikan sosok Ellen Johnson Sirleaf, yang mengalahkannya di pemilihan 2005 dan 2011. Plus wanita pertama yang berhasil menjadi kepala negara di benua Afrika.

Komentar Anda