Scroll to Top

Dulu Dilarang, Kaum Hawa Arab Saudi Kini Boleh Naik Sepeda Motor

By C Novita / Published on Thursday, 28 Dec 2017

wanita arab saudi

Jika dahulu kaum hawa di Arab Saudi tak diperbolehkan mengemudi sendiri kendaraan roda empat dan roda dua di jalanan umum, maka kini aturan baru telah dibuat. Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud sudah mencabut larangan tersebut secara resmi pada September 2017. Kaum hawa sudah boleh mengemudikan kendaraannya di jalanan umum berlaku mulai Juni 2018.

Tidak hanya kendaraan roda empat atau mobil saja, dilansir laman Car and Bike, Rabu (27/12/2017) aturan tersebut juga termasuk dibolehkannya mereka mengendarai sepeda motor bahkan truk.

Peraturan baru Raja Salman ini dimuat dalam undang-undang lalu lintas yang harus dipatuhi oleh semua gender, baik pria maupun wanita. Maknanya nanti jika sudah diberlakukan pada Juni 2018, kaum hawa juga akan diberi sanksi jika melanggar aturan lalu lintas.

Tidak ada perlakuan khusus bagi kaum hawa jika melanggar undang-undang tersebut. Namun jika terjadi kecelakaan mereka akan ditangani oleh suster wanita dan dokter dari kaum hawa juga.

Mengapa lama baru bisa diterapkan, menunggu hingga pertengahan tahun depan, alasannya karena pemerintah kerajaan harus mempersiapkan petugas untuk lapangan kerja baru seperti inspektur lapangan yang tugas di pos pemeriksaan lalu lintas.

Kerajaan juga harus membuat surat izin mengemudi (SIM) bagi kaum hawa, termasuk petugas-petugas yang bekerja di bidang tersebut dari kaum wanita juga.

Antusiasme kaum hawa di kerajaan Arab terhadap peraturan baru itu terlihat dari banyaknya kunjungan mereka di pameran otomotif yang digelar di negara tersebut.

Misalnya pada pameran mobil mewah di Resor Jeddah, laut Merah, tak hanya pria saja yang mengunjungi sekarang terlihat kaum hawa juga hadir disana, demikian dilansir Times of Oman.

 

 

Komentar Anda