Scroll to Top

Dwiki Dharmawan: Musik Indonesia Dihargai di Luar Negeri

By Aditya / Published on Sunday, 15 Jan 2012

Dwiki Dharmawan yang pernah berkibar bersama band Krakatau, tampaknya masih ingin memperkaya pengetahuannya tentang musik etnik Indonesia. Dari pengalaman musisi jazz asal Bandung ini, musik tradisional asli Nusantara ternyata sangat dihargai di luar negeri.

“Dalam kurun waktu 15 tahun terakhir, kegiatan saya membawa musik tradisional Indonesia ke ajang musik internasional di luar negeri. Ternyata, musik tradisional Indonesia banyak diapresiasi oleh orang mancanegara,” ungkap Dwiki Dharmawan di Jakarta seperti dikutip dari Kapanlagi, Minggu (15/1).

Oleh sebab itu, suami dari penyanyi Ita Purnamasari ini merasa sangat senang saat diundang berpartisipasi dalam rangkaian pesta adat Bau Nyale di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, yang digelar mulai 11 Februari 2012 mendatang. Dwiki Dharmawan ingin sekalian mempelajari alat musik tradisional Lombok dan bercita-cita membawanya ke ranah musik internasional.

”Tapi terus terang, saya belum pernah membawa musik etnik dari Lombok Tengah ini. Moga-moga dengan adanya event ini bisa berlanjut,” harap musisi senior kelahiran 19 Agustus 1966 ini.

Dwiki Dharmawan berharap, bisa melakukan penelitian intensif mengenai kebudayaan masyarakat Lombok, terutama tentang instrumen musik etniknya.

”Mungkin setelah ini saya akan kembali lagi untuk mendokumentasikan dan penelitian kebudayaan terutama alat musik tradisional khususnya di Lombok,” tutur pengibar band Krakatau yang juga pernah diawaki oleh penyanyi Trie Utami ini.

Bersama Krakatau, Dwiki Dharmawan telah memperkenalkan musik-musik tradisional Indonesia ke level yang lebih luas. Oleh Jurnal Worlds of Music, Krakatau disebut sebagai bagian penting dari musik dunia karena dianggap sukses dalam menciptakan harmonisasi antara musik etnik dengan jazz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda