Scroll to Top

Mau Tahu Mitos Keliru Seputar Masakan?

By C Novita / Published on Monday, 16 Jan 2012

Dalam dunia masak-memasak, ternyata juga ada mitos atau kepercayaan yang diyakini kebenarannya oleh umum. Namun, beberapa diantaranya ternyata keliru. Apa sajakah mitos keliru seputar masakan?

  • Merebus sayuran terlalu lama akan membuat nutrisinya hilang.

Jika yang dimaksudkan adalah vitamin, itu memang betul. Sebab vitamin akan larut dalam air, apalagi jika direbus dalam waktu lama. Namun tidak semua kandungan yang bermanfaat akan hilang. Masih ada zat besi, potasium, dan beberapa zat lain yang tidak larut dalam air. Selain itu, masih ada serat yang dikandung sayuran tersebut, dan sangat berguna bagi tubuh.

  • Kentang menyerap rasa asin.

Itu juga keliru, sebab kentang bukan bahan yang mampu menyerap dengan baik. Untuk mengatasi rasa keasinan dalam masakan, maka tambahkan saja air, gula, dan cuka.

  • Mentega sebaiknya disimpan di kulkas agar tidak meleleh.

Mentega juga punya tingkat kesegaran tertentu. Dan jika sudah dibuka kemasannya, maka kesegarannya akan berkurang. Lagi pula bakteri akan membuat mentega itu menjadi rusak jika terlalu lama di ruangan terbuka. Jadi, menyimpan mentega di kulkas tujuannya agar mentega lebih awet, bukan agar tidak meleleh.

  • Alkohol akan menguap jika digunakan untuk memasak.

Tidak benar. Sebab alkohol tidak akan lenyap semua bila dipanaskan, namun masih meninggalkan setidaknya 50% kandungannya dalam makanan.

 

Dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda