Scroll to Top

Ide Duet Jokowi-Prabowo Maju Pilpres 2019, Ini Reaksi Gerindra

By vratislav / Published on Wednesday, 03 Jan 2018

Ide Duet Jokowi-Prabowo Maju Pilpres 2019, Ini Reaksi Gerindra

Ide duet Jokowi-Prabowo Subianto bersatu untuk maju Pilpres 2019 sempat muncul ke permukaan. Dalam hasil survei yang digelar oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), ternyata mayoritas responden setuju dengan ide ini. Namun, disampaikan oleh Wakil Ketua Umum DPP Gerindra Ferry Juliantono, ide tersebut mustahil. Pasalnya, Gerindra masih ingin menyokong Prabowo menuju RI 1.

Dikutip dari CNN Indonesia, suveri SMRC menyebutkan, jika di Pilpres 2019 mendatang Prabowo menjadi cawapres (calon wakil presiden) menemani Jokowi, maka ada 67 persen responden yang setuju. Sebaliknya, jika formula dibalik, yaitu Prabowo yang maju sebagai capres, dan Jokowi hanya menjadi cawapres, maka dukungan hanya mencapai 28,4 persen.

Direktur Utama SMRC, Djayadi Hanan menuturkan, “Ada keinginan di masyarakat untuk menggabungkan Jokowi dan Prabowo di 2019. Mayoritas setuju.”

Meskipun ada ide demikian, ternyata Partai Gerindra sama sekali tidak tertarik. Ferry Juliantono menegaskan, pihaknya masih berpikiran agar Prabowo tampil sebagai calon presiden di Pilpres 2019; dan tersirat bakal mencari cawapres.

Ide Duet Jokowi-Prabowo Maju Pilpres 2019, Ini Reaksi Gerindra 2

“Meski Pak Prabowo belum secara resmi mengumumkan (soal pencalonan jadi presiden), tapi kami semua keluarga besar Gerindra masih ingin supaya Pak Prabowo nanti di 2019 jadi capres,” kata Ferry kepada CNN Indonesia.

Menurut Ferry, ada satu hal yang membuat duet Jokowi-Prabowo mustahil diwujudkan di Pilpres 2018. Hal itu terjadi karena adanya perbedaan kedua tokoh tersebut dalam prinsip mengelola negara. Ferry menyebut, Jokowi berpihak pada negara asing dalam berbagai program, dan cenderung mengesampingkan kemampuan masyarakat. Sementara Prabowo ada di kubu sebaliknya.

“Pak Jokowi kan di sisi yang lain, sebenarnya sangat berseberangan (dengan Prabowo). Oleh Karena itu dari sisi Gerindra memunculkan figur Pak Prabowo (Untuk Capres 2019) dan kami membangun koalisi dengan partai lain.”

Terkait survei SMRC yang menunjukkan respons positif publik terhadap duet Jokowi-Prabowo, Ferry bergeming. Menurutnya, Gerindra sudah memiliki hasil survei sendiri, “Saya kurang mempercayai hasil survei SMRC atau lembaga survei lain. Kami punya hasil survei internal sendiri (terkait capres) yang memang tidak kami publikasikan.”

Foto: republika.co.id, pepnews.com

Komentar Anda