Scroll to Top

Philippe Coutinho Resmi ke Barcelona, Rekor Transfer 160 Juta Euro

By vratislav / Published on Sunday, 07 Jan 2018

Philippe Coutinho Resmi ke Barcelona, Rekor Transfer 160 Juta Euro 34

Phillipe Coutinho akhirnya resmi menjadi pemain baru Barcelona. Gelandang internasional Brazil itu dibeli klub Catalan dari Liverpool dengan angka yang memecahkan rekor transfer klub dan Liga Spanyol, sebesar 160 juta Euro. Dan, Coutinho akan terus bermain di Camp Nou hingga 30 Juni 2023, alias terikat kontrak selama 5,5 tahun.

Keributan di bursa transfer musim dingin 2018 akibat Philippe Coutinho berakhir sudah. Liverpool rela melepaskan sang gelandang yang mereka dapatkan dari Inter Milan setelah negosiasi yang tergolong alot dengan Barcelona. The Reds tidak akan menerima 160 juta Euro secara langsung, tetapi terlebih dahulu memperoleh 120 juta Euro. Sisanya, diterima Liverpool berdasarkan performa Coutinho selama di Barcelona.

Philippe Coutinho memang bukan pemegang rekor transfer termahal di dunia, yang dipegang oleh Neymar dengan biaya 222 juta Euro saat pindah ke PSG. Namun, sang gelandang internasional Brazil adalah pembelian termahal baik dalam sejarah Barca maupun La Liga, mengingat rekor sebelumnya dipegang oleh Ousmane Dembele, yang ditarik Blaugrana dari Borussia Dortmund seharga 105 juta Euro musim pada panas tahun lalu.

Philippe Coutinho Resmi ke Barcelona, Rekor Transfer 160 Juta Euro 1

Perjalanan fisik Philippe Coutinho ke Barcelona memang baru dilakukan pada Sabtu, 6 Januari malam hari setelah Liverpool menerima tawaran terakhir El Barca. Namun sejatinya perjalanan itu sudah dimulai sejak musim panas lalu, ketika Philippe Coutinho mengirimkan transfer request kepada Liverpool. Cuma, kala itu The Reds yang tidak mencantumkan klausul pemutusan kontrak Cou, enggan melepas sang pemain; bahkan meminta 200 juta Euro dari Barca.

Cukup unik untuk menyimak betapa ‘terburu-buru’nya Barcelona untuk transfer Philippe Coutinho. Mereka memilih musim dingin alih-alih pada musim panas tahun ini. Padahal, Cou sudah bermain untuk Liverpool di Liga Champions. Dengan demikian, ia tidak bisa bermain lagi untuk Barca di Eropa sampai kompetisi berikutnya. Coutinho hanya tersedia untuk Liga Spanyol dan Copa del Rey.

Philippe Coutinho akan diperkenalkan ke publik Barcelona dalam presentasi hari Senin, 7 Januari 2-18 di Camp Nou. Harganya juga langsung dinaikkan berkali lipat oleh klub baru Cou. Kini, siapapun yang tertarik memboyong Coutinho dari Barcelona, harus bersedia mengeluarkan uang 400 juta Euro.

 

Komentar Anda