Scroll to Top

Masih Sering Angkat Ponsel Tinggi-Tinggi Karena Susah Sinyal? Baca Ini Dulu

By Ilham Choirul / Published on Monday, 08 Jan 2018

susah sinyal

Salah satu kendala saat berpergian ke tempat terpencil adalah susah sinyal. Kalau pun ada sinyal, biasanya tidak stabil. Status bar sinyal pada ponsel terlihat naik-turun, atau bahkan hilang sama sekali. Untuk kembali mendapatkan sinyal, ada sebagian orang yang mengangkat ponselnya tinggi-tinggi atau menggoyangkannya. Apakah cara tersebut efektif?

Dikutip dari laman Merdeka, ternyata aksi seperti itu tidak akan menolong. Menurut Lin Zhong selaku professor teknik elektro dan komputer di Universitas Rice, Houston, AS, bahkan menyebut tindakan tersebut sama sekali tidak akan membantu. Orang perlu memahami dahulu pemicu susah sinyal tersebut.

Ada banyak faktor yang menyebabkan sinyal telepon seluler tidak stabil dan bahkan hilang. Misalnya ada bangunan tinggi atau sinyal terhalang perbukitan yang tinggi. Sinyal pun cukup lemah untuk dihantarkan dari antenna pemancar BTS hingga ke ponsel. Pemicu seperti ini tidak akan efektif jika seseorang mengangkat ponselnya tinggi-tinggi demi sinyal satu bar.

Masalah sinyal dapat pula terjadi di tempat yang ramai dengan berkumpulnya orang di satu tempat.  Contohnya pada waktu ada konser musik atau festival. Jika di tempat tersebut banyak orang mengakses ponsel bersamaan dan melebihi kapasitas layanan yang disediakan sebuah BTS milik operator seluler, maka dimungkinkan mengalami gangguan sinyal. Susah menelepon hingga terganggunya akses data dapat terjadi.

Dikutip dari laman Merdeka, jika menemui kendala susah sinyal seperti ini lebih disarankan untuk berpindah tempat hingga beberapa ratus meter sampai ditemukan lokasi yang mendukung sinyal seluler. Naik ke tempat lebih tinggi tanpa penghalang juga data menjadi solusi.

Komentar Anda