Scroll to Top

Jenis Makanan Ini Buruk Bagi Pencernaan

By C Novita / Published on Thursday, 11 Jan 2018

pemanis buatan

Makanan yang buruk bagi pencernaan bisa menyebabkan peradangan pada perut, sakit perut, dan masalah kesehatan lainnya. Karena itu memperhatikan jenis makanan yang hendak dikonsumsi sangat penting bagi kesehatan sistem pencernaan.

Dilansir laman Reader’s Digest, Senin (8/1/2018) berikut ini beberapa jenis makanan yang dikategorikan sebagai buruk bagi pencernaan dan dapat memicu penyakit. Dengan demikian Anda bisa menjauhi atau setidaknya mengurangi porsi yang biasanya Anda konsumsi.

Lemak tak sehat

Dalam dunia kesehatan dikenal tiga jenis lemak tidak sehat yakni lemak trans, lemak jenuh, dan lemak omega-6. Ketiga lemak ini bisa memicu masalah peradangan, penumpukan lemak perut, dan obesitas.

Umumnya lemak tak sehat ada di makanan kemasan (jenis lemak trans), daging olahan seperti sosis, hot dog dan burger (lemak jenuh) serta pada minyak jagung (lemak omega 3). Lemak jenuh juga merupakan pemicu dari penyakit jantung dan stroke.

Makanan yang digoreng

Menurut Rothenberg, makan gorengan hampir sama dengan makan makanan olahan pabrik. Ia bisa memicu acid reflux (asam lambung) dan mulas. Butuh waktu cerna lebih lama karena lemak jenuhnya tinggi yang berasal dari minyak goreng.

Pemanis buatan

Jenis bahan kimia yang dipakai untuk pemanis buatan seperti isomalt, manitol, polydextrose ternyata tidak baik bagi kesehatan pencernaan. Bahan tersebut tak mudah melewati dinding sel dan memicu kembung.

Makanan non fat (non lemak)

Makanan non fat umumnya buatan pabrik dan dijual dalam kemasan. Jika Anda pikir ini makanan sehat, maka itu tak benar.

“Makanan non fat mengandung banyak zat pengawet dan bahan kimia buatan. Tubuh tidak dibuat untuk mencerna bahan-bahan buatan. Zat makanan ini menyebabkan perut kembung dan didera kelelahan,” jelas Hillary Lewis Murray, Founder & CEO Lumi.

 

 

 

Komentar Anda