Scroll to Top

Agar Tidak Kumat, Ini Takaran Garam yang Ideal Bagi Pasien Hipertensi

By C Novita / Published on Thursday, 11 Jan 2018

makan garam

Jumlah penderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi sangat banyak. Bahkan bisa jadi mencapai setengah populasi di dunia, menurut sebuah artikel kesehatan. Semua akibat pola makan yang tidak sehat serta asupan makanan tinggi garam.

Hipertensi dapat merembet jadi penyakit mematikan semisal serangan jantung, stroke, dan lainnya. Karena itu, mencegah agar tak sampai kumat dan menjaga agar tekanan darah tetap stabil itu hal yang penting.

Studi menemukan bahwa beberapa makanan dapat meningkatkan tekanan darah. Salah satunya karena mengandung tinggi garam.

Sebab itu, pasien hipertensi dianjurkan untuk menghindari jenis makanan tersebut. Garam mempengaruhi juga kondisi ginjal, jantung, pembuluh arteri, bahkan otak.

Tekanan darah tinggi terjadi akibat garam mempengaruhi pembuluh arteri dan membuatnya jadi kaku dan keras serta tegang. Akibatnya arteri tidak fleksibel, dan mudah terjadi penyempitan. Jika penyempitan terjadi, penyumbatan juga bisa menyusul.

Jika terjadi pada arteri yang mengarah ke jantung, maka mengurangi asupan oksigen dan bisa memicu serangan jantung. Jika terjadi pada arteri yang ada di kepala, bisa memicu stroke.

Jadi, berapa idealnya takaran garam yang aman dikonsumsi oleh penderita hipertensi agar tidak memicu naiknya tekanan darah?

Anjurannya adalah tidak lebih dari 2,3 mg garam per hari. Jika lebih dari takaran ideal maka risiko naiknya tekanan darah jadi lebih besar.

 

 

Komentar Anda