Scroll to Top

Kazuyoshi Miura ‘Nekat’ Main Untuk Yokohama FC Di Usia 51 Tahun!

By vratislav / Published on Thursday, 11 Jan 2018

Kazuyoshi Miura 'Nekat' Main Untuk Yokohama FC Di Usia 51 Tahun! 2

Kazuyoshi Miura masih ‘nekat’ bermain untuk Yokohama FC dengan menambah durasi kontraknya selama setahun. Padahal usia sang penyerang legendaris Jepang ini sudah melebihi 50 tahun. Bahkan dia bakal berulang tahun yang ke-51 pada Februari 2018 mendatang.

Francesco Totti mungkin akan sedikit menyesal pensiun ‘lebih awal’ ketika menyaksikan yang dilakukan oleh Kazuyoshi Miura. Sang striker bergelar King Kazu ibarat tidak mengenal kelelahan karena faktor umur. Dia justru masih terus berpetualang di J2, Divisi Kedua Liga Jepang.

Memang kesempatan bermain Miura tidak bisa sebanyak dahulu. Peranannya di Yokohama FC juga tidak terlalu cemerlang. Musim lalu klubnya tersebut hanya finish di urutan ke-10 J2, dan kehilangan peluang untuk promosi ke J1, atau liga utama Liga Jepang.

Tapi dari Miura kita bisa melihat ketangguhan nyali dan kegigihan bertarung. Bayangkan, dengan memperpanjang kontrak dengan Yokohama FC, berarti Miura sudah berkarier di J-League selama 33 tahun, terhitung sejak mendarat di Yomiuri (Verdy Kawasaki) pada 1990.

Kazuyoshi Miura 'Nekat' Main Untuk Yokohama FC Di Usia 51 Tahun!

Kazuyoshi Miura yang punya catatan 55 gol dalam 89 penampilan bersama timnas Jepang, juga merupakan sumber inspirasi generasi-generasi baru Samurai Biru. Dia pertama kali memulai karier di Brazil bersama Santos, Palmeiras, hingga Coritiba.

Kazuyoshi Miura juga menjadi pioner bagi pesepakbola Jepang untuk menjajal ganasnya kompetisi level Eropa. Miura pernah bergabung dengan Genoa pada musim 1994/ 1995, lalu bermain pula untuk Dinamo Zagreb, klub asal Kroasia pada 1999.

Miura terakhir kali memperkuat Jepang pada tahun 2000, yang berarti sudah 18 tahun dia pensiun dari sepakbola internasional, tetapi belum merampungkan perjalanan di level klub.

Tahun lalu, tepatnya pada 12 Maret 2017, Miura memecahkan rekor sebagai pencetak gol tertua di liga profesional dunia, kala Yokohama FC bermain imbang 1-1 melawan V-Varen Nagasaki. Usianya kala itu adalah 50 tahun lebih 14 hari. Tujuh hari sebelumnya, ia membuat rekor sebagai pemain tertua yang pernah bermain di liga profesional di muka planet bumi.

Komentar Anda