Scroll to Top

Real Madrid Nyaris Pecah Rekor Transfer Demi Lionel Messi, Bukan Gareth Bale

By vratislav / Published on Sunday, 14 Jan 2018

Real Madrid Nyaris Beli Lionel Messi Sebelum Gareth Bale (1)

Real Madrid nyaris memecahkan rekor transfer dunia demi Lionel Messi pada tahun 2013. Kala itu Los Blancos mempersiapkan dana sebesar 250 juta Euro untuk membayar klausul pemutusan kontrak La Pulga di Barcelona. Sayangnya mimpi Madrid menemui jalan buntu, dan pada akhirnya mereka beralih kepada Gareth Bale yang berharga 100 juta Euro.

Pada musim panas 2013, Real Madrid dua kali dikalahkan Barcelona di bursa transfer. Yang pertama, mereka ditaklukkan urusan transfer Neymar. Los Blancos yang mengirimkan tawaran selangit untuk Neymar, dibuat kecewa berat. Pasalnya, Neymar justru menerima tawaran Barca yang nilainya hanya 57,1 juta Euro. Meskipun, di kemudian hari diketahui, angka transfer sebenarnya mencapai lebih dari 88 juta Euro.

Kekalahan kedua Real Madrid di musim panas kala itu, adalah ketika Los Blancos berusaha merebut Lionel Messi dari Camp Nou. Disampaikan oleh majalah Jerman, Der Spiegel, Madrid sejatinya ingin membayar klausul Messi yang kala itu masih 250 juta Euro –bandingkan dengan sekarang yang mencapai 700 juta Euro–.

Bahkan lebih jauh, Madrid sudah mengontak pengacara keluarga Messi, Inigo Juarez. Sang pengacara kemudian menghubungi ayah sekaligus agen Messi, Jorge Messi, untuk memberitahukan ketertarikan Los Blancos.

Real Madrid Nyaris Beli Lionel Messi Sebelum Gareth Bale (2)

Florentino Perez juga tidak mau berdiam diri. Perez sudah berencana merayu Messi dalam sebuah pertemuan di sebuah jet pribadi dengan Juarez, ditambah dengan direktur olahraga Real Madrid, Miguel Pardeza dan seorang pengacara klub. Sang presiden juga sudah mengukur gaji yang bakal ditawarkan kepada Messi.

Jumlah kontrak kepada Si Nomor 10 Argentina adalah senilai £ 20 juta per tahun, atau £ 384.000 per minggu. Andai Messi kala itu menerima tawaran Florentino Perez, dia akan menjadii pemain dengan bayaran tertinggi di dunia saat itu. Plus, dia juga bakal diikat kontrak di Santiago Bernabeu selama delapan tahun sampai musim panas 2021.

Sebagai iming-iming tambahan, ayah Messi juga bakal mendapatkan 1 juta Euro darri transfer sang anak ke ibukota Spanyol. Namun setelah menunggu negosiasi berminggu-minggu, Los Blancos hanya mendapatkan kehampaan. Kubu Messi bersikukuh tetap di Barcelona, sementara Los Blancos mengalihkan perhatian mereka ke Gareth Bale. Jadilah, Madrid tetap memecahkan rekor transfer dunia, tetapi dengan biaya lebih kecil, 100 juta Euro.

Komentar Anda