Scroll to Top

Metode Baru Phishing Attack Facebook dalam Pencurian Kartu Kredit

By Ibnu Azis / Published on Monday, 16 Jan 2012

Facebook crime

Melimpahnya jumlah orang yang beraktivitas di Facebook yang mencapai 1 milyar pengguna, memantik penjahat dunia maya untuk menciptakan metode baru dalam pencurian data di ranah internet. Kaspersky mengemukakan jika telah menemukan sebuah pola baru dalam kasus pencurian kartu kredit pengguna melalui Facebook.

Salah satu andalan yang dipakai oleh crime cyber masih memakai model lama. Yakni memanfaatkan kelemahan serta keingintahuan pengguna Facebook. Fitur chatting masih dijadikan media primadona. Pendek kata, pengguna yang telah berhasil dimasuki oleh ‘virus’ tersebut, langsung menyebarkannya ke seluruh teman-temannya di Facebook.

Kemudian, isi dari pesan instan yang telah disebar akan berupa ancaman bahwa akun akan segera ditutup karena dianggap fake atau palsu. Sebuah tautan akan didematkan pada obrolan. Dan jika di klik, maka akan tertuju ke sebuah laman yang sangat mirip dengan Facebook.

Di laman yang serupa dengan Facebook tersebut, korban akan diminta mengisikan data diri seperti nama, alamat, nomor telepon, alamat email, dan lain sebagainya. Tak lupa korban akan diminta mengisikan kata sandi yang digunakan untuk login di Facebook. Dan yang paling berbahaya, korban juga diminta untuk mengisikan nomor kartu kredit serta tanggal kadaluarsa dan angka pengamanan.

Seperti dikabarkan Digital Trends dan dikutip SidomiNews, hingga saat ini belum diketahui berapa korban yang telah tertipu. Namun pihak Facebook berjanji akan segera menyelidiki serta menyelesaikan kasus ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda