Scroll to Top

Idrus Marham Resmi Jadi Menteri Sosial Gantikan Khofifah, Ini Alasan Jokowi

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 18 Jan 2018

Idrus Marham Resmi Jadi Menteri Sosial Gantikan Khofifah, Ini Alasan Jokowi

Idrus Marham resmi menjadi Menteri Sosial dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK. Politikus berusia 55 tahun tersebut menggantikan Khofifah Indar Parawansa yang maju sebagai calon gubernur dalam Pilkada Jawa Timur 2018. Lalu, apa alasan Jokowi memilih sosok yang sebelumnya menjabat sebagai Sekjen Partai Golkar ini?

Reshuffle Kabinet Jokowi Jilid III dilakukan pada Rabu, 17 Januari 2018 lalu. Meskipun usia pemerintahan Joko Widodo tinggal kurang dari dua tahun lagi, hal tersebut tidak membuat perombakan kabinet dihilangkan. Apalagi posisi Menteri Sosial memang lowong ditinggal oleh Khofifah yang berpasangan dengan Emil Dardak di Pilgub Jatim tahun ini. Padahal, Menteri Sosial adalah jabatan penting.

Presiden Joko Widodo sendiri, ketika ditanyai mengapa memilih Idrus Marham, memilih jawaban yang serba santai, “Saya memilih Pak Idrus karena beliau cocok saja jadi Mensos.”

Pengalaman Idrus Marham yang segudang memang layak membuatnya menduduki jabatan strategis di Kabinet Kerja. Pria kelahiran Pinrang, Sulawesi Selatan 14 Agustus 1962 ini mendapatkan gelar doktor ilmu politik di Universitas Gadjah Mada, dengan disertasi berjudul “Demokrasi Setengah Hati; Studi Kasus Elite Politik di DPR RI 1999-2004″. Ia lulus dengan predikat cum laude. Sebelumnya, Idrus menempuh studi S1 di Fakultas Syariah IAIN Alaudin Makassar, lantas mendapatkan gelar S2 di Fakultas Syariah IAIN Walisongo Semarang.

Bukan hanya pendidikan yang mendukung Idrus Marham. Ia juga sudah kenyang memakan asam-garam di dunia politik Indonesia. Pria berusia 55 tahun tersebut duduk sebagai anggota DPR dalam tiga periode beruntun sejak tahun 1999 hingga 2014. Kinerjanya yang paling mencolok dan disorot publik adalah ketika menjadi Ketua Panitia Khusus (Pansus) DPR Hak Angket Century. Sebelumnya, Idrus sudah menjadi anggota MPR di usia 35 tahun berkat Pemilu 1997.

Idrus Marham Resmi Jadi Menteri Sosial Gantikan Khofifah, Ini Alasan Jokowi 5

Salah satu fokus lain ketika Idrus Marham ditunjuk sebagai Menteri Sosial, adalah sosok sang istri nan cantik, Ridro Ekasari yang baru berusia 28 tahun. Idrus memang baru mengakhiri masa lajangnya di usia 47 tahun dengan menikahi sang pujaan hati pada tahun 2009 lalu di Masjid Kubah Emas, Depok, Jawa Barat.

Selain Idrus Marham, ada dua nama lain yang masuk ke dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK. Yaitu, Jenderal Purnawirawan Moeldoko yang menempati posisi Kepala Staf Presiden menggantikan Teten Masduki. Juga, Agum Gumelar yang didapuk sebagai salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden untuk menggantikan tempat KH Hasyim Muzadi yang meninggal.

Foto: idrusmarham.com

Komentar Anda